Putih Sari Menanggung Biaya BPJS Ketenagakerjaan Selama Tiga Bulan Bagi Peserta Sosialisasi Yang Hadir di Desa Gandamekar Kecamatan Cikarang Barat

MutiaraindoTV, Kabupaten Bekasi – Jawa Barat. Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenaga Kerjaan Cabang Cikarang Bekasi bekerjasama dengan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Komisi IX, yang membidangi Kesehatan dan Ketenagakerjaan mengadakan kegiatan Sosialisasi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Dihadiri Indra Gunawan sebagai Kepala Program Bidang Khusus di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cikarang, Drg. Hj. Putih Sari, MM anggota Komisi IX DPR RI Fraksi Partai Gerindra, Ketua Yayasan Teratai Putih Lestari yang juga Ketua KTNA Kabupaten Bekasi H. Darissalam, Muji Mahudin Kepala Desa Gandamekar, Agus S selaku Bimaspol, Tokoh Agama, serta warga masyarakat. Acara berlangsung GOR Bulutangkis Desa Ganda Mekar, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. Senin, 26 Juni 2023.

Putih Sari saat membuka acara sosialisasi menyampaikan manfaat BPJS Ketenaga Kerjaan, “dalam bidang apapun pekerjaan kita apa itu karyawan swasta, wiraswasta, berniaga, ataupun petani kalau kita sudah bergabung di BPJS Ketenaga Kerjaan akan sangat besar manfaatnya.

Lanjut Putih Sari, kalau kita kecelakaan dalam bekerja, petani misalnya kena cangkul atau di patok ular berobat ke rumah sakit nanti akan di ganti oleh BPJS Ketenaga Kerjaan, demikian juga yang bekerja sebagai Ojek Online kalau jatuh dari motor saat bekerja, karyawan swasta yang kecelakaan di pabrik berobat ke rumah sakit nanti pihak BPJS akan mengganti biaya pengobatan dan perawatan selama di rumah sakit.

Terakhir, ada lima jenis jaminan yang di tanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan, yaitu :

  1. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).
  2. Jaminan Kematian (JKM).
  3. Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).
  4. Jaminan Hari Tua (JHT).
  5. Jaminan Pensiun (JP).

Terkait berapa jaminan yang akan di berikan oleh BPJS ketenagakerjaan, nanti Pak Indra Gunawan akan menjelaskan lebih rinci. “Tuturnya.

Indra Gunawan dalam pemaparannya mengatakan, “sangat besar manfaat bapak ibu jika menjadi peserta BPJS ketenaga kerjaan, dengan iuran Rp. 16.800,- (Enam belas ribu delapan ratus rupiah) perbulan itu bisa mengkafer dua jaminan. Yaitu jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian, berlaku 24 jam kalau terjadi apa apa saat bekerja, sedangkan untuk Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun bapak ibu harus nambah iuran tambahan sebesar Rp. 20.000,- (Dua puluh ribu rupiah).

Selanjutnya, dengan Rp. 16.800,- (Enam belas ribu depan ratus rupiah) bapak ibu bisa mendapatkan beberapa manfaat, yaitu :

  1. Jika terjadi kecelakaan kerja maka biaya pengobatan akan di tanggung BPJS sepenuhnya.
  2. Selama sakit saat kecelakaan kerja, bapak ibu tidak perlu khawatir, misalnya satu tahun sakit maka upah akan tetap di bayarkan full oleh BPJS ketenaga kerjaan.
  3. Dalam kecelakaan kerja kita cacat permanen maka akan ada santunan cacat.
  4. Jika sampai meninggal dunia karena kecelakaan kerja maka ahli waris akan mendapatkan santunan sebesar 48 x upah saat bekerja,dan mendapatkan biaya pemakaman sebesar Rp. 10.000.000,- (Sepuluh juta rupiah), santunan berkala Rp. 500.000,- (Lima ratus ribu rupiah) perbulan selama dua tahun, ada beasiswa sampai perguruan tinggi maksimal dua orang anak.

Lebih lanjut, progam jaminan kematian apapun penyebab meninggal dunia ahli warisnya akan mendapatkan santunan sebesar Rp. 42.000.000,- (Empat puluh dua juta rupiah),yang terdiri dari Rp. 20.000.000,- (Dua puluh juta rupiah) juta santunan kematian, Rp. 10.000.000,- (Sepuluh juta rupiah) biaya pemakaman serta santunan berkala Rp. 500.000,- (Lima ribu rupiah) perbulan selama dua tahun dan anak ahli waris mendapatkan beasiswa sebesar Rp. 174.000.000,- (Seratus tujuh puluh empat juta rupiah) sampai perguruan tinggi.

Lebih jauh Indra Gunawan menyampaikan, jaminan hari tua,peserta terkena iuran sebesar Rp. 20.000,- (Dua puluh ribu rupiah) perbulannya, keikut pesertaannya minimal 15 tahun. Jjika peserta meninggal dunia, maka ahli waris bisa mencairkan dana tersebut dan BPJS akan memberikan beasiswa untuk anak – anak ahli waris dan uangnya 100% kita kembalikan dengan pengembangannya.

Terakhir, bagi peserta yang hadir hari ini akan di buatkan BPJS Ketenaga Kerjaan oleh kami dan angsuran selama tiga bulan gratis, peserta yang hadir hari ini tidak perlu bayar, karena biayanya sudah di tanggung oleh Ibu Putih Sari selama tiga bulan, bulan berikutnya peserta akan di kenakan iuran sebesar Rp. 16.800,- (Enam belas ribu delapan ratus rupiah) perkepala. (Ali M)

Check Also

Haili Yoga Saksikan Pemotongan 31 Hewan Qurban dan Serahkan Untuk Pencegahan Stanting.

  Redelong :MutiaraindoTV.com– Pj. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga M.Si bersama Pj. Sekda Khairmansyah, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *