Putih Sari Menyambangi Warga Desa Bunibakti Dalam Sosialisasi Edukasi Pelayanan Kesehatan Rujukan

MutiaraindoTV, Kabupaten Bekasi – Jawa Barat. Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Bersama Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Berkolaborasi dengan anggota DPR-RI Komisi IX dari Fraksi Partai Gerindra Drg. Hj. Putih Sari, MM, selenggarakan Sosialisasi Advokasi dan Pelayanan Kesehatan Rujukan di Desa Bunibakti Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Senin, 04 Desember 2023.

“Saya selaku anggota DPR-RI Komisi IX yang membidangi Kesehatan dan Ketenagakerjaan yang bermitra dengan Kementrian Kesehatan melalui Germas terus berupaya untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya hidup sehat, “ucap Putih Sari saat membuka acara sosialisasi.

Dikatakannya, Germas sudah di canangkan oleh Pemerintah sejak Tahun 2016, untuk itulah Komisi IX selalu bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan juga Germas dalam kegiatan sosialisasi yang terkait dengan kesehatan. Melihat situasi dan kondisi seperti sekarang ini, saya mengajak bapak ibu sekalian untuk hidup sehat, tentunya hidup sehat itu dari kita sendiri dan keluarga kita, baru menyampaikan ke orang lain.

Masih kata Putih Sari, Bapak/Ibu harus tau, pelayanan kesehatan rujukan ialah, penyelenggara pelayanan kesehatan yang mengatur pelimpahan tugas dan tanggung jawab pelayanan kesehatan yang wajib dilaksanakan oleh peserta jaminan kesehatan atau asuransi sosial dan fasilitas kesehatan.

Lanjut Putih Sari, tujuannya ialah, sistem rujukan untuk meningkatkan mutu, cakupan dan efisiensi pelayanan kesehatan secara terpadu kebidanan komunitas. Tujuan umum rujukan untuk memberikan petunjuk kepada petugas puskesmas tentang pelaksanaan rujukan medis dalam rangka menurunkan angka kematian bayi, biasanya dijadikan indikator dalam pengukuran kesejahteraan masyarakat.

“Bapak/Ibu harus tau, sistem rujukan di Indonesia di bedakan atas dua jenis, yaitu rujukan medis dan rujukan kesehatan. “Ucap Putih Sari.

Lebih lanjut Putih Sari menyampaikan, angka kesakitan maupun kematian masih cukup tinggidi Indonesia, dan itu mempengaruhi biaya kesehatan yang di tanggung oleh pemerintah baik Pusat, Provinsi maupun Kabupaten Bekasi ini tidak sedikit.

Selain itu Putih Sari menambahkan, Pemerintah punya tanggung jawab untuk memberikan hak kesehatan bagi masyarakat. Tapi ada juga tanggung jawab masyarakat bagaimana mengupayakan untuk tetap menjalankan hidup sehat, dengan adanya Germas ini Pemerintah berharap masyarakat mau mengubah pola hidup supaya bisa lebih sehat.

Masih kata Putih Sari, masyarakat kita ini tingkat konsumsi buah dah sayur sangat rendah,ini sangat di sayangkan, padahal di dalam buah dan sayur terdapat sumber sumber vitamin dan mineral yang justru manfaatnya sangat banyak untuk tubuh kita, di sinilah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sangat di butuhkan untuk sosialisasi kepada masyarakat. “Tandasnya. (Ali M)

Check Also

Masa Akhir Jabatan Bupati Situbondo Torehkan Tinta Emas Dengan Membangun GOR Bung Karna

Mutiaraindotv.com, SITUBONDO, JAWA TIMUR – Bupati Situbondo, Karna Suswandi torehkan tinta emas dengan dibuktikan saat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *