RAT Koperasi Lestari Mandiri Cicurug Berjalan Lancar

MutiaraindoTV, Kabupaten Sukabumi – Jawa Barat. Berdasarkan laporan penjabat pengawas langsung dan tidak langsung Koperasi Lestari Mandiri, Abdul Azis saat digelar Rapat Anggota Rahunan (RAT) di Jalan Alternatif Nanggerang koperasi ini memikul tugas berat. Dia meminta Dinas Koperasi, Dewan Pembina dan Dewan Pengawas intensif melakukan pembinaan agar Koperasi Lestari Mandiri lebih baik

Abdul Azis Ketua Pembina Koperasi Lestari Mandiri mengatakan berdasarkan anggaran dasar dan kepengurusan, Koperasi ini kinerjanya cukup bagus. Hal yang perlu ditingkatkan lanjutnya antara lain bidang administrasi, usaha simpan pinjam belum optimal dimana dari 83 anggota Koperasi terdapat 8 anggota yang aktif dan 33 anggota tidak lancar pengembalian pinjaman dan 40 anggota sulit dideteksi

Dia meminta kedepannya anggota yang belum terdeteksi akan dilakukan jemput bola, begitu juga dalam penyaluran dana bergulir harus lebih selektif. Sehingga Koperasi ini akan lebih maju, dan bisa membantu anggota yang layak mendapat bantuan. Senin, 034 Februari 2019.

“Catatan ini akan dijadikan koreksi agar kedepannya Koperasi ini selain tetap lestari, dan mandiri juga mampu membantu anggota yang layak menerima bantuan dana bergulir. “Tandas Abdul Azis.

Pembina Forum UMKM Kecamatan Cicurug Purnama Giri menjelaskan, UMKM ini bagian keunggulan potensi di Kecamatan Cicurug yang diawali Tahun 2014 ketika dilakukan pendataan UMKM tercatat sebanyak 12.000 UMKM. UMKM ini Keynesian membentuk Forum UMKM Kecamatan Cicurug, hingga menjadikan wadah Koperasi bersama Koperasi Lestari Mandiri untuk mengelola keuangan mikro.

Sebagai Lembaga Keuangan yang memberi akses permodalan bagi para pelaku UMKM Kecamatan Cucurug Keynesian tumbuh, dan berkembang sejalan dengan perkembangan waktu. Kedua lanjut Purnama Giri, bahkan Koperasi UMKM ini menjadi wadah bagi perusahaan untuk menyalurkan CSR bidang permodalan ke seluruh UMKM

“Peran strategisnya adalah lembaga ini akan menjadi lembaga penyalur keuangan dari Pemerintah Daerah dan CSR perusahaan untuk membantu permodalan UMKM.” Tegas Pembina Forum UMKM Cicurug yang juga pengurus Dewan Kerajinan Nasional dan Daerah Kabupaten Sukabumi, Purnama Giri S.Pd., M.Si.

Pendamping Koperasi Lestari Mandiri, Aziz Kamiludin dari Yayasan Negeri Ternak Indonesia (YNTI) menuturkan asset yang ada di Koperasi Lestari Mandiri hingga akhir Desember 2018 senilai Rp. 209 juta dengan modal awal sumbangan PT. AGM senilai Rp. 210 juta dan simpanan anggota sebesar Rp. 10 juta.

Hingga total senilai Rp. 220 juta. Dari jumlah Rp.220 juta ini telah disalurkan sebesar Rp. 149 juta, dari 83 anggota yang didanai baru sebanyak 60 anggota. YNTI baru melakukan pendampingan sejak Agustus 2018 diharapkan Koperasi ini berjalan sesuai ketentuan dan bisa lebih baik, “tutur Aziz Kamiludin.

Dari pemantauan Rapat Anggota Rahunan (RAT) Koperasi Lestari Mandiri Cicurug Berjalan Lancar Rapat Anggota Rahunan (RAT) Koperasi Lestari Mandiri hari Senin, 3 Januari 2019 yang dihadiri pengurus dan anggota, pelaksana bidang koperasi UKM DPKUM Kabupaten Sukabumi (Irwan Sugara), Sekcam Cicurug (Sugiman), Kasi Pemberdayaan Masyarakat (Halimi), Dewan Pembina merangkap pengurus Dekranasda Kabupaten Sukabumi (Purnama Giri S.Pd., M.Si).

Dan pengawas  dari PT. AGM, Cacas Suwarna dimana Abdul Azis terpilih sebagai Ketua Koperasi Lestari Mandiri periode mendatang berjalan lancar, Ketua terpilih berharap anggota dan pengurus serta dewan penasehat berperan aktif membangun Koperasi ini bisa tubuh Dan berkembang ke arah lebih baik. (Wahid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *