Ratusan Keluarga Miskin Nias Barat Terima Bantuan Perumahan Dari Kementerian PUPR Dan Dinas Tarukim Provinsi Sumatera Utara

MutiaraindoTV, Kabupaten Nias Barat – Sumatera Utara. Pada Tahun 2018 ini sebanyak 402 keluarga miskin di Kabupaten Nias Barat, akan menerima bantuan perumahan dan rehabilitasi. Ke- 402 keluarga penerima manfaat tersebut, terdiri dari 322 keluarga penerima program Bantuan Stimulasi Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian PUPR RI dan 80 keluarga penerima rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran 2018.

Penerima BSPS tersebut masing – masing akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 15.000.000,- dan penerima rehabilitasi RTLH bukan berbentuk uang tunai, tetapi dilakukan langsung oleh Dinas Perumahan dan Pemukiman Provinsi Sumatera Utara.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Nias Barat Benhard Everai Daeli MM, yang turut didampingin Kabid Perumahan, Pemukiman dan PSU Agustomo Hia S.Pd kepada media ini, beberapa waktu lalu, di ruang kerjanya di Onolimbu, Lahömi.

“Dari sekian banyak data keluarga miskin yang telah diajukan untuk menerima Bantuan Stimulasi Perumahan Swadaya (BSPS), dari Kementerian PUPR RI berdasarkan rujukan yang kita terima. Bahwa pada Tahun 2018 ini hanya 322 keluarga miskin yang terpilih, sebagai penerima manfaat.

Sedangkan rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari program Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Provinsi Sumatera Utara hanya 80 keluarga, ”ujarnya.

Dijelaskan Benhard, penyaluran dana kepada penerima manfaat bertahap, “Khusus untuk penerima BSPS masing – masing mendapatkan uang tunai sebesar Rp 15.000.000,- pencairan dana 2 tahap ditransfer ke rekening Bank yang bersangkutan. Dengan mempedomani hasil progres pekerjaan, sedangkan kegiatan rehabilitasi RTLH, langung Dinas Tarukim Provinsi Sumatera Utara yang melaksanakannya. ”Ujarnya.

Kemudian ditambahkan lebih terperinci Kepala Bidang Perumahan, Pemukiman dan PSU Agustomo Hia S.Pd. Adapun lokasi/desa yang menerima BSPS Tahun 2018 di Kabupaten Nias Barat antara lain di Kecamatan Sirombu yaitu :

– Desa Orahili.

– Desa Bawosaloo.

– Desa Tugala.

– Desa Hanofa.

Kecamatan Lahomi yakni :

– Desa Sisobaoho.

Kecamatan Mandrehe yaitu :

– Desa Doli – Doli.

Kecamatan Ulu Moroo yaitu :

– Desa Lawelu.

– Desa Saloo.

Berikutnya, yang menerima rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) antara lain yaitu :

Kecamatan Lahomi :

– Desa Onowaembo.

– Desa Lolowau

Kecamatan Sirombu :

– Desa Sisobandrao.

Kecamatan Moroo :

– Desa Hiliwaele.

Benhard mengaku, bila seandainya program ini terus berlanjut pada Tahun 2019, maka akan difokuskan pada desa yang belum tertampung pada Tahun 2018. Dan meminta Kepala Desa mengajukan kembali data supaya warga miskin, yang memerlukan bantuan dan memenuhi syarat di Kabupaten Nias Barat dapat terbantu.

“Karena rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) merupakan program prioritas nasional dan daerah yang tertera pada nawacita, visi dan misi pemerintah daerah. ”Ungkapnya. (AH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *