Rp 20 Milyar Pembangunan Revetment Pengaman Tebing Krueng Peudada Segera Di Bangun .

Teks.Foto:Rp 20 Milyar Pembangunan Revetment Pengaman Tebing Krueng Peudada Segera Di Bangun .MITV/iskandar

BIREUEN:MutiaraindoTV.com – Nangro Aceh Darussalam PT Takabeya Perkasa Group (TPG) Kabupaten Bireuen, menggelar kenduri dan pemberian santunan kepada 34 anak yatim, mengawali pembangunan revetment pengaman tebing Krueng Peudada.

Kegiatan itu berlangsung di Irigasi Hagu, perbatasan antara Gampong (Desa) Hagu dengan Gampong Lawang, Kecamatan Peudada, kabupaten setempat, Senin 29 Mei 2023.

Asisten II Setdakab Bireuen, Dailami, mengatakan, secara historis sudah mendengar penyampaian dari tokoh masyarakat Peudada dan teknis dari PT Takabeya Perkasa Group.

“Kita patut bersyukur dan apresiasi atas usaha dari Bang Mukhlis yang melakukan komunikasi, interaksi dengan Pemerintah Aceh, sehingga alokasi pembangunan tebing Krueng Peudada dari Rp 5 milyar menjadi Rp 20 milyar,” kata Dailami.

Diharapkan semua dapat bahu-membahu sesuai kompetensi dan kapasitas masing-masing. Melakukan lobi-lobi pembiayaan menuntaskan pembangunan irigasi Aneuk Gajah Rheut Peudada.

Direktur PT Takabeya Perkasa Group (TPG), H Mukhlis, mengatakan, kenduri dan pemberian santunan anak yatim ini untuk keberkahan pembangunan revetment pengaman tebing Krueng Peudada

 

Anggarannya hampir Rp 20 milyar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) tahun 2023, dan mulai dikerjakan dalam waktu dekat, ditargetkan selesai akhir Desember 2023.

Guna kelancaran proses pembangunan diharapkan adanya dukungan penuh dari masyarakat Kecamatan Peudada, sehingga revitmen dapat selesai tepat waktu dan suplai air Krueng Peudada, bisa kembali mengalir ke bendungan dan sawah.

Tokoh Kecamatan Peudada, Muhammad Arif, mengatakan, dampak banjir Januari 2023 lalu, tebing aliran sungai sekitar bendungan irigasi Hagu Peudada putus dan aliran air pindah arah. Akibatnya, suplai air ke sawah putus total.

Sekitar 1.500 hektare sawah produktif menjadi sawah tadah hujan. Masyarakat sangat bersyukur dengan pembangunan revetment itu, dan berharap suplai air dapat mengalir kembali ke sawah.(iskandar)

Check Also

Sambut HUT Kodam III/Siliwangi, Kodim 0619/Purwakarta Gelar Bhakti Sosial Donor Darah

MutiaraindoTV, Kabupaten Purwakarta – Jawa Barat. Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam III/Siliwangi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *