SAH !!! “‘ IDI “‘, Dukung KOALISI MASYARAKAT SIPIL, Tolak Air Baku Minum PDAM Dari Lubang Bekas Tambang Batubara Milik PT.STC

Mutiaraindotv – Kotabaru – Pulau Laut, Advokat sekaligus Praktisi Hak Azasi Manusia (HAM), yang tergabung sebagai Koordinator Koalisi Masyakarat Sipil Kotabaru, Agusaputra Wiranto,S.H, membeberkan Surat dari IDI (ikatan Dokter Indonesia Cabang Kotabaru). Terkait dukungan mereka kepada Koalisi Masyarakat Sipil di wilayah Kabupaten Kotabaru terhadap “‘ PENOLAKAN “‘, rencana Pemerintah Daerah untuk memanfaatkan Air bekas genangan Perusahan Tambang Batubara milik PT.STC (Sebuku Tanjung Coal).

Dikonfirmasi pada tanggal/hari Rabu pagi 14 Februari 2024, Agusaputra Wiranto, S.H melalui media ini, membenarkan perihal surat dukungan PENOLAKAN tersebut. Saya dapat kiriman surat pagi tadi sekitar Jam.06.38 Wita tegasnya.

” Didalam surat dukungan tersebut, Agusaputra Wiranto, S.H menjelaskan bahwa IDI (Ikatan Dokter Indonesia Cabang Kotabaru), turut mendukung PENOLAKAN tersebut “, ucapnya.

Adapun pertimbangan dari PENOLAKAN IDI (Ikatan Dokter Indonesia Cabang Kotabaru) berbunyi:

  1. Bahwa meskipun Kadar Logam Berat tidak melampaui ambang batas kualitas air bersih, namun endapan air bekas lubang tambang tetap memiliki potensi mengganggu kesehatan masyarakat, Dan
  2. Logam Berat bersifat Kumulatif dan Toksik, dalam jangka panjang bisa mengakibatkan gangguan kesehatan yang serius untuk masyarakat.

Di dalam surat dukungan tersebut, Ikatan Dokter Indonesia juga menyarankan kepada Pemerintah Daerah terkhusus Kabupaten Kotabaru, atas pertimbangan, keamanan dan kesehatan masyarakat Kotabaru, untuk memanfaatkan DAS (Daerah Aliran Sungai) Seratak yang ada di wilayah Pulau Laut Timur. Saran ini berdasarkan hasil Laporan penelitian dari ULM. Banjarmasin, tegas IDI di dalam surat Dukungan mereka .

Menanggapi perihal surat dukungan Ikatan Dokter Indonesia Cabang Kotabaru tersebut, Agusaputra Wiranto, S.H menyampaikan ucapan terimaksih kepada IDI Kotabaru. Kami ucapkan terimakasih yang tiada terhingga kepada para “‘ The Guardian Of health and Safety “‘. Yang mana IDI Kotabaru yang telah mendukung Koalisi Masyarakat Sipil terhadap PENOLAKAN penggunaan Air genangan bekas lubang Tambang Batubara PT.STC untuk air baku minum PDAM.

Surat Dukungan IDI Kotabaru ini, adalah RUH kami sebagai Koalisi Masyarakat Sipil Kotabaru dalam melakukan perlawanan Hukum. Dan jika Pemerintah Daerah masih ngotot dengan rencana mereka untuk memanfaatkan air genangan bekas lubang Tambang Batubara milik PT.STC, demi keberlangsungan kehidupan, kesehatan dan keselamatan. Maka kami seluruh umat manusia di Pulau Laut Kotabaru akan Lawan kebijikan dari Pemerintah Daerah Kotabaru, tegas Agusaputra. (018).

Check Also

Cegah Kejahatan Jelang Lebaran Polres Situbondo Intens Patroli Kawasan Toko Emas,

Mutiaraindotv.com, SITUBONDO, JAWA TIMUR – Polres Situbondo Polda Jatim mengambil langkah proaktif dengan mengintensifkan patroli …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *