Sangat Dibutuhkan “Ces Ces” Intelektual Dan Keilmuan Kepada Kades Supaya Bisa Mengelola Desa Dengan Baik Dan Benar

MutiaraindoTV, Kabupaten Bekasi – Jawa Barat. Pemerintah Kecamatan Tambun Utara adakan giat Pembinaan Kepala Desa, Sekertaris Desa, serta Perangkatnya. Dari Kaur serta Kepala Dusun se-Kecamatan Tambun Utara, acara berlangsung di Aula Rumah Makan Saung Kebalen Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. Kamis, 27 Juli 2023.

Camat Tambun Utara H. Najmuddin dalam sesi wawancara mengatakan, “ini adalah agenda rutin tahunan. Sesuai Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2014 Camat adalah selaku pembina dan pengawas, yaitu membina desa agar menjadi desa yang terbaik, terbaik dari segi keuangan, pembangunan serta dari segi peraturan, sehingga desa yang menjadi binaan kita terhindar dari suatu masalah.

Camat menyampaikan, “sebagai Pembina dan Pengawas Desa kita melakukan ces ces intelektual, keilmuan agar mereka ketika melangkah ada dasar dasarnya dan ngerti tentang bagaimana mengolah desa dengan sebaik baiknya.

“Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2014 peran pemerintah yang paling kelihatan ialah, Pelayanan, Keamanan, Pembangunan dan Kesejahteraan masyarakat”.

Pelayanan, “bagaimana pemerintah desa melayani masyarakatnya dengan baik di semua hal pelayanan, jangan sampai orang dateng ke Kantor Desa mau ngurus Surat Nikah, buat KTP, KK serta surat – surat yang lainnya tidak ada pelayanan, karena petugasnya tidak ada di tempat, ya jangan sampai seperti itu, itu terkait pelayanan.

Keamanan ketertiban, “desa harus memberikan keamanan bagi warganya, berkordinasi dengan TNI/Polri dalam menjaga lingkungannya.Warga kerja biar nyaman,jangan sampai ada pencurian atau tindak kriminal lainnya, itu semua fungsi desa menjaga keamanan dan ketertiban.

Pembangunan, “jadi kepala desa, perangkat itu harus punya tampak, bukan hanya sebagai simbolis, bagaimanapun harus membangun desa, apa itu anggarannya dari Dana Desa, Banprov atau dengan ADD. Sebagai seorang kades ketika ada ketimpangan dari segi pembagunan mereka harus jeli melihat wilayahnya, tertinggal atau tidak dari segi pembangunan infrastruktur atau yang lainnya.

Kesejahteraan masyarakat, “masih banyak warga kita yang masih hidup di bawah garis kemiskinan, stunting dan yang lainnya, ini adalah tugas Desa, Kecamatan dan Kabupaten untuk menghilangkan stunting, angka kemiskinan serta pengangguran.

Itu semua adalah tugas dan fungsi dari Pemerintah Desa untuk mensejahterakan masyarakatnya, belum lagi bantuan bantuan dari Pemerintah yang sangat banyak, jangan sampai masyarakat yang tidak mampu, yang miskin tidak terbantu, malah orang yang mampu malah dibantu.

Camat berpesan, “kedepannya agar pemerintah desa bisa lebih baik lagi dari yang terdahulu, agar mereka bisa berkarya, bisa termotivasi bisa berinovasi bisa membangun masyarakatnya supaya sejahtera adil dan makmur. Itu yang kita harapkan dalam tujuan membangun negara kita, “pungkasnya. (Ali M)

Check Also

Operasi Miras, Samapta Polres Situbondo Sita 4 Botol Bir Bintang Dan 8 Botol Anggur Merah

Mutiaraindotv.com, SITUBONDO, JAWA TIMUR – Samapta Polres Situbondo Polda Jatim melaksanakan penertiban peredaran minuman keras …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *