Satgas Satuan Organik Yonif Raider 514/SY/9/2 Kostrad Edukasi Primitif

Mutiaraindotv.com, BONDOWOSO, JAWA TIMUR -Melihat kultur dan pola pikir warga Kampung Batas Batu, Satgas Yonif Raider 514/SY/9/2 Kostrad, khususnya yang bertugas di Pos Batas berperan serta melalui interaksi sosial dengan para orang tua. Sembari menitip pesan bahwa pendidikan dan kesehatan anak harus menjadi prioritas yang harus mereka perjuangkan demi masa depan yang lebih baik. (22/09/2022)

“Situasi dan kondisi warga Kampung Batas Batu Distrik Krepkuri wilayah Kabupaten Asmat sangat butuh uluran tangan. Ketertinggalan mereka dari sisi ekonomi, pendidikan dan kesehatan tidak terlepas dari kultur, mindset, pola pikir yang mereka yakini dan jalani selama ini. Dan bukan perkara mudah untuk merubah pola pikir mereka,” kata Wadansatgas Mayor Inf SM. Simanjuntak.

Anak-anak, lanjutnya, merupakan suatu aset bagi kelangsungan hidup suatu bangsa. Sehingga sepatutnya segala kebutuhan untuk tumbuh kembang yang mereka perlukan harus terpenuhi. Baik secara material maupun inmaterial. Hal tersebut dijamin oleh undang-undang tanpa memandang suku, agama, ras dan antar golongan.

Ditambahkan, peran orangtua menjadi hal mendasar dan menentukan demi terwujudkan generasi emas bangsa ini pada tahun mendatang. Butuh aksi nyata untuk mencetak generasi emas walau tidak semudah membalik telapak tangan. Terutama menjangkau pedalaman Papua.

“Metode _Doing by example_ sangat baik untuk kami lakukan. Memberi contoh kepada orangtua bagaimana cara memberi perhatian dan kasih sayang kami kepada anak-anak mereka. Dengan harapan pola pikir warga dapat berubah untuk menempatkan anak-anak menjadi prioritas mereka,” jelasnya.

Berbagai upaya sudah kami lakukan, lanjutnya, seperti mengajak anak usia sekolah untuk selalu hadir di sekolah Rimba, menjadi guru bagi anak sekolah, mengajak warga hidup bersih bahkan kami mandikan anak mereka dan beri pakaian bersih layak pakai. Saya rasa apa yang kami lakukan akan dilihat oleh warga bahwa anak-anak harus mendapat perhatian dengan kasih sayang dan kedepan hal yang baik ini akan kami pergencar sesuai penekanan Dansatgas kami.

Lukas (40) salah seorang tokoh masyarakat Batas Batu mengucapkan terimakasih atas kepedulian bapak-bapak Pos.

“Saya berharap dengan upaya-upaya yang dilakukan ini dapat merubah pemikiran warga Batas Batu sehingga dapat berkembang lebih baik dan semakin maju,” pungkasnya. (sam/zen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *