Satgas TMMD Ke 109 Bersama BPBD Kab. HSU Berikan Penyuluhan Tentang Karhutla

Mutiaraindotv, Amuntai, Memasuki Hari ke- 20, Satgas TMMD ke- 109 Kodim 1001/Amuntai, melaksanakan kegiatan Non Fisik yaitu Penyuluhan tetang Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Yang bertempat di halaman Kantor Desa Sarang Burung, Kecamatan Danau Panggang. Senin, 13 Oktober 2020.

Kapten. Inf. Eko Wibowo menyampaikan, dalam kegiatan Penyuluhan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kodim 1001/Amuntai menggandeng BPBD Kabupaten Hulu Sungai Utara.

” Kegiatan Penyuluhan ini merupakan wujud kepedulian Satgas TMMD ke- 109 Kodim 1001/Amuntai kepada Masyarakat Desa Sarang Burung untuk memberikan wawasan tentang Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Sekertaris BPBD Drs. Rahmadi Permana selaku Pemateri menyampaikan, materi Penyuluhan KARHUTLA serta Peraturan Bupati No. 37 tahun 2020 tentang aturan yang mengatur ” Tatanan Kehidupan Sosial dan Kemasyarakatan dalam Masa Pandemi Covid- 19 atau Virus Corona “.

Adapun kegiatan dalam Penyuluhan  tersebut, bahwa Kebakaran Hutan dan Lahan jadi yang pertama mendasari kegiatan. Karena itu adalah pernyataan dari BMKG untuk tahun 2020 ini puncak Karhutla kita sudah lewat puncak itu antara Agustus sampai awal Oktober.

” Bulan Oktober ini kita sudah banyak mengalami Hujan kemudian ada aturan Pemerintah tentang Pembakaran Hutan dan Lahan ini itu Undang-undang No. 41 tahun 1999 tentang ” Kehutanan setiap orang dilarang untuk membuka Hutan dan Lahan dengan cara Membakar dan ada Ancaman Hukuman “, tuturnya.

Kami juga mengajarkan cara hidup bersih, dengan menjaga kebersihan diri seperti mencuci tangan di bawah air mengalir menggunakan sabun.

Kemudian menjaga kontak serta membatasi diri melakukan kontak antar sesama, terutama bagi yang sedang sakit. Agar bisa mengistirahatkan diri dirumah terlebih dahulu, tutupnya. (Pendim 1001).

editor ” Awi “.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *