Satgas Yonif Raider 514 Olah Lahan Tidur Menjadi Produkstif

Mutiaraindotv.com, BONDOWOSO, JAWA TIMUR-Melihat kondisi warga dan sekitar tempat pemukiman banyak terdapat lahan tidur yang sangat potensial dijadikan lahan pertanian apabila dikelola dengan baik, Satgas Yonif Raider 514/SY Pos Batas Batu bersama warga mengolah lahan tidur menjadi lahan produktif.

Keluar masuk hutan cari makan merupakan aktifitas yang dominan dilakukan warga Batas Batu Papua. Walau terdapat pekerjaan jasa bongkar muat barang di pelabuhan tradisional, namun karena upahnya tidak menentu, membuat warga masih harus mengais riski di hutan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Pohon sagu yang tumbuh liar di hutan ditebang, dikukur lalu dijadikan bahan konsumsi. Prinsip mereka adalah kerja hari ini untuk makan hari ini dan hari esok adalah urusan esok.” begitu penuturan Leon (45) warga Batas batu, yang disampaikan Humas 514 Bondowoso, selasa 27/9.

Bertolak dari kondisi ini, lanjutnya, Pos Batas Batu Satgas satuan organik Yonif Raider 514/SY/9/2 Kostrad, berkoordinasi dengan Sepri, Pastor Gereja Katholik Stasi St. Damia Batas batu.

Agar mengajak warga bersama-sama mengolah lahan tidur yang ada disekitar pemukiman. Himbauan melalui Gereja ini dirasa efektif karena memang mayoritas warga adalah jemaat Katholik.

Disamping figur seorang Pastor yang sangat dihormati oleh warga. “Langkah awal pemberdayaan lahan tidur sudah kami lakukan bersama masyarakat dan Pastoran,” kata Wadansatgas Yonif Raider 514/SY Mayor Inf SM. Simanjuntak.

Ditambahkan, tentu hal ini masih berproses dan butuh waktu. Perihal kebutuhan bibit tanaman, kami juga telah koordinasi dengan pihak Kesusteran. Seperti Padi, jagung dan umbi-umbian,

Harapan kami, lanjutnya, warga tetap semangat demi tercipta kemandirian pangan bagi masyarakat Batas Batu. (sam/zen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *