Satgasmar Ambalat Barhasil Amankan Ratusan Botol Miras Ilegal

MutiaraindoTV. Dalam rangka pengamanan dan menekan angka kejahatan di perbatasan, Satuan Tugas Marinir (Satgasmar) XXIII Bawah Kendali Operasi (BKO) Guspurla Koarmada II dalam melaksanakan Operasi Garda Nusa 2018, yang tergabung dalam Second Fleet Quick Response (SFQR) sedang berjaga di Pos Balansiku Sebatik induk.

Menerima laporan dari Sertu Mar Sulkan yang menginformasikan adanya sebuah truck dengan Nomor Polisi KT 8000 FC, melaju dari Sebatik menuju Nunukan dicurigai melakukan pelanggaran. Rabu, 31 Oktober 2018.

Selanjutnya Tim Satgasmar melakukan penangkapan dan dari hasil pemeriksaan terhadap truck berwarna biru tersebut, Satgasmar Ambalat yang dikomandani oleh Kapten Mar Yusuf Muchram menemukan sejumlah ratusan botol minuman keras (Miras) mengandung alkohol 35 % – 43 %. berbagai merk seperti Black Jack 23 carton sebanyak 276 botol, Labour 20 carton 240 botol dan Red Bull 12 carton terdiri 144 botol.

Menyelundupkan minuman keras dari Malaysia ke Indonesia, melanggar pasal 102 huruf A Undang – Undang No 17/2006 tentang perubahan Undang – Undang No 10/1995 tentang Kepabeanan dengan ancaman pidana penjara 1 tahun. Dan paling lama 10 tahun denda paling banyak Rp. 500.000.000.-, selain itu juga melanggar pasal 204 KUHP terkait penjualan barang yang dapat membahayakan nyawa dan merugikan kesehatan dengan ancaman pidana selama paling lama 20 Tahun.

Barang – barang tersebut ditaksir memiliki nilai total mencapai Rp. 40.560.000,- kemudian sebanyak 55 carton atau 660 botol miras ilegal yang dibawa dari Tawau ke Nunukan, menurut hasil pemeriksaan barang haram itu merupakan milik Bapak Fendi yang berasal dari Dusun Tanjung Aru RT. 05 yang tidak dilengkapi dokumen resmi.

Langkah selanjutnya yang dilakukan Tim Satgasmar, semua barang bukti tersebut akhirnya diamankan di Kotis Satgasmar Ops. Garda Nusa Desa Tanjung Aru, Sungai Bajau untuk pemeriksaan lebih lanjut oleh pihak yang berwajib. (Jalesveva Jayamahe/Litbang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *