Jelang Pemilu 2024, Pemdes Lambangsari Bekali Ketrampilan Linmas

MutiaraIndoTV.com(Bekasi)- Pemerintah Desa Lambangsari Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi memberikan pembekalan wawasan tentang perlindungan masyarakat ( Linmas). Hal itu dilakukan dalam rangka peningkatan kapasitas Linmas yang bertugas di Desa Lambangsari.

” Satuan Linmas Desa Lambangsari ada 10 orang yang akan dibekali dengan pengetahuan serta keterampilan dalam melaksanakan tugasnya di masyarakat,” Kata Yandi Hermawan ,Kasei Pemerintahan Desa Lambangsari.

Menurutnya, petugas perlindungan masyarakat atau Linmas bukanlah seperti yang di kenal dengan sebutan Hansip.

” Pengertian Linmas mengalami Distorsi sehingga terjebak dalam anggapan umum yang hanya mengaitkan dengan satu fungsi yaitu Hansip atau pertahanan sipil. Padahal fungsinya dan tugasnya sesuai Permendagri No 10 tahun 2009, tugas Satlinmas yaitu, warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali dengan pengetahuan ketrampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketertiban dan ketentraman dimasyarakat serta kegiatan sosial kemasyarakatan,” Kata Yandi.

Kapasitas Linmas, sambung Yandi, perlu ditingkatkan sesuai arahan Permendagri dan Kepbup dimana disebutkan sebelum pemilu harus ada pembinaan Linmas.

” Terkait sarana dan prasarana Linmas sesuai arahan Permendagri yaitu seragam linmas diperbaharui menjadi warna Abu Abu. Dalam Keputusan Bupati diharuskan sebelum pemilu ,Linmas harus diberikan pembinaan dan peningkatan sumberdaya Linmas,” Tuturnya.

Peningkatan Kapasitas Linmas yang di selenggarakan Pemerintah Desa Lambangsari menggunakan metode pembelajaran dan materi pembelajaran yaitu antara lain, materi kesamaptaan, materi pengamanan pemilu, penanggulangan bencana dan materi kekhususan.

” Kesamaptaan materi diberikan oleh unsur kepolisian, kemudian meteri kebugaran oleh unsur TNI dan keterkaitan dengan pemilu ,materi diberikan oleh PPK dan PPS,” Ujar Yandi.

Pemateri antaralain , Aiptu Subarkah Samapta Satlinmas,Serma Agus Riyanto Bela Negara, Sertu Isnen Riyanto Instruktur Senam, M. Yandi Hermawan Pemerintahan,Saipul Anwar Bela Diri Dasar, M. Sahrul Kepemiluan.

Penyelenggaraan peningkatan kapasitas Linmas dilaksanakan selama tiga hari, 23 – 25 Desember 2023 di Bogor Jawa Barat.

” Yang terpenting untuk saat ini ,kami mempersiapkan Linmas untuk pelaksanaan Pemilu 2024,” Terang Yandi.(dwi)

Check Also

Pengurus FKRW Harapan Jaya Periode 2024-2029 Dilantik

mutiaraindotv.com | Bekasi – Pengurus Forum Komunikasi Rukun Warga (FKRW) Kelurahan Harapan Jaya, Bekasi Utara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *