Sebanyak 144 Peserta Ikuti Sosialisasi Penyelengaraan Pendidikan Keluarga

MutiaraindoTV, Kabupaten Bener Meriah – Aceh. Dinas Pendidikan Kabupaten Bener Meriah, mengelar sosialisasi penyelengaraan pendidikan keluarga yang diikuti 144 peserta yang merupakan para pengawas TK, SD, SMP.

Selain para pengawas, beberapa Kepala Sekolah TK, SD, SMP juga menjadi peserta sosialisasi penyelengaraan pendidikan keluarga tersebut yang diselengarakan di Fedung Empu Beru. Rabu, 28 Agustus 2018.

Hal itu disampaikan Anreini S.Pd Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Usia Dini dan Dikmas saat menyampaikan laporannya, lanjutnya adapun yang menjadi dasar pelatihan ini adalah sesui dengan dasar Undang – Undang Dasar (UUD) 1945 Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional, serta peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nomor 30 Tahun 2017 tentang keterlibatan keluarga pada penyelengara pendidikan.

Permendikbut Nomor 43 Tahun 2018 tentang rinciaan tugas Direktorat Pendral Pendidikan Paud dan Pendidikan Masyarakat, peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Paud dan Dikmas Nomor 127 Tahun 2017 tentang petunjuk tekhnis implementasi perlibatan keluarga pada pendidikan keluarga.

Tambah Anreini, pendidikan keluarga merupakan faktor pendukung utama bagi tercapainya tujuan pendidikan, disamping sekolah dan masyarakat.

Oleh karena itu, sangatlah tepat apabila dikatakan pendidikan keluarga, adalah dasar atau pondasi utama dari pendidikan Anak selanjutnya dengan tujuaan untuk menunjang. Sekaligus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), serta memperkuat kemitraan antara keluarga.

Dengan satuan pendidikan masyarakat atau (Tri Pusat Pendidikan) dalam membangun ekosistem pendidikan, yang menumbuh kembangkan karakter dan prestasi para peserta didik. Pungkas Kabid Paud dan Dikmas Bener Meriah itu.

Sementara dalam sambutanya Kepala Dinas Pendidikan Bener Meriah yang diwakili oleh Kasi Kurikulum Dikdas Bener Meriah, Anwar S.Pd menyampaikan, kata pendidikan adalah dua kata yang tidak dapat dipisahkan. Karena dimanapun ada keluarga wajib ada pendidikan. “Sebutnya.

Dikatakanya lagi, dasar pendidikan itu adalah dari keluarga oleh sebab itu Suami sebagai kepala keluarga dalam rumah tangga bertanggung jawab penuh atas pendidikan Anaknya.

Begitu juga istri, yang juga merupakan kepala keluaraga, juga wajib mengasuh dan mendidik anaknya. Karena itu keluaraga adalah dasar utama dalam pendidikan, “ujar Anwar.

Ia mengatakan, dalam Agama Islam Anak – Anak itu adalah titipan Tuhan kepada setiap orang tua untuk itu kita wajib menjaga mendidik dan membelai ilmu pengetahuan pada Anak – Anak kita tersebut. “Tandas Anwar.

Adapun yang menjadi narasumber sosialisasi tersebut, Nike Kusumandana M.Pd yang Kasubit Pendidikan orang tua, direktorat pembinaan pendidikan keluaraga dari Direktorat Pendidikan Pusat. (Samsudin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *