Sekda Aceh Tengah Ikuti Rakor Akselerasi Penguatan Akip, RB dan ZI di Kementerian PanRB

 

Jakarta :MutiaraindoTV.com – Sekretaris Daerah Aceh Tengah, Subhandhy, AP, M.Si mengikuti rapat koordinasi akselerasi penguatan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP), Reformasi Birokrasi (RB) dan Zona Integritas (ZI) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PanRB) berlangsung di Hotel Pullman Jakarta Central Park, Jakarta, Rabu (21/02/2023).

Mengangkat tema ‘Akselerasi Penguataan Akuntabilitas Kinerja, Reformasi Birokrasi, dan Zona Integritas pada Pemerintah Daerah Prioritas Tahun 2024’ Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah masuk salah satu prioritas akselerasi penguatan AKIP, RB dan ZI dari 145 pemerintah daerah.

Acara dibuka oleh Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Erwan Agus Purwanto yang mewakili Menteri PanRB, dalam sambutannya, menyampaikan beberapa hal yang dapat mendorong percepatan implementasi RB, SAKIP, dan ZI salah satunya dengan meningkatkan komitmen pimpinan daerah dan sekretaris daerah dalam mengawal implementasi RB, SAKIP, maupun Zona Integritas.

“Selain itu, pemda diminta mendorong kolaborasi dan cross-cutting lintas unit kerja sehingga upaya yang dilakukan menjadi lebih holistik dan komprehensif”, Ucapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten Deputi Koordinasi Tata Kelola Pemerintahan Kemenko Polhukam Syaiful Garyadi, Plh. Sekretaris Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Muhammad Zamzani, Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan I Akhmad Hasmy.

Sementara itu ditempat yang sama, Sekda Subhandhy menyampaikan rapat koordinasi yang dilakukan merupakan upaya dalam percepatan reformasi birokrasi menuju pemerintahan yang bersih (clean Government) dan Penerapan tata kelola pemerintahan yang baik atau lebih dikenal dengan istilah good governance.

“Sebagai upaya untuk percepatan implementasi Akuntabilitas Kinerja dan pelaksanaan Reformasi Birokrasi menuju clean government dan tata kelola pemeritahan yang benar, mulai dengan meningkatkan nilai SAKIP, Reformasi Birokrasi dan ZI”, kata Subhandhy seusai menghadiri acara rakor akselerasi tersebut melalui Kepala Bagian Prokopim Setdakab Aceh Tengah Rahmat Hidayat, S.STP, M.Si.

Lanjutnya Pemkab Aceh Tengah berkomitmen serius untuk meningkatkan capaian nilai SAKIP, RB, serta berupaya untuk bisa meraih ZI, seperti diketahui nilai SAKIP hasil evaluasi masih berada pada katagori CC dengan nilai 57,09 sama halnya dengan raihan nilai RB Pemkab Aceh Tengah.

“Melihat kondisi yang ada, kita berharap kedepan pencapaiannya dapat ditingkatkan. Indikator-indikator pendukung kinerja menjadi perhatian khusus untuk ditingkatkan, dan kami kawal bersama kepala OPD untuk serius dan berkomitmen dalam hal ini”, tambahnya.

Terkait tekad adanya peningkatan khususnya pada capaian SAKIP, RB, dan ZI tersebut, Subhandhy meminta agar Kemenpan RB bisa mendampingi dan memberi arahan serta pembinaan langsung kepada seluruh Kepala OPD Kabupaten Aceh Tengah.

“Kita akan minta pendampingan langsung secara khusus dari tim KemenPAN RB, jadi memang kita sangat serius tentang hal ini. Terus terang penilaian di Pemkab Aceh Tengah terkait SAKIP, RB, dan ZI, belum Baik. Masih perlu kita dorong dan perlu tingkatkan”, terang Sekda.

Sekda berpesan kepada jajarannya, untuk serius bersungguh-sungguh memperbaiki tata kelola pemerintahan secara benar dari perencanaan hingga pelaporan. Sehingga kedepannya bisa menghasilkan output seperti yang diharapkan, yakni meningkatnya capaian nilai SAKIP, RB dan ZI.

“Saya minta kepada seluruh perangkat daerah untuk lebih serius mamahami dan mengerti. Ketika pemerintah daerah memiliki komitmen tinggi pada hal tersebut, harus juga diikuti komitmen kepala OPD. Harapan kita untuk bisa naik kelas insyaAllah bisa,” tandasnya.

Ikut hadir mendampingi Sekda Aceh Tengah, Kepala Bappeda Aceh Tengah Drs. Amir Hamzah, MM, dan Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Win Munawardi, S.STP, M.Si. (RH)

Check Also

Cegah Kejahatan Jelang Lebaran Polres Situbondo Intens Patroli Kawasan Toko Emas,

Mutiaraindotv.com, SITUBONDO, JAWA TIMUR – Polres Situbondo Polda Jatim mengambil langkah proaktif dengan mengintensifkan patroli …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *