Selama Bulan Ramadhan Sekolah di Bener Meriah Didominasi Kegiatan Keagamaan

Teks.foto:Selama Bulan Ramadhan Sekolah di Bener Meriah Didominasi Kegiatan Keagamaan.MITV/ist

REDELONG :MutaiaraindoTV.com – Selama berlangsungnya bulan suci Ramadhan 1444 hijriah, proses belajar mengajar di sekolah di Kabupaten Bener Meriah, lebih didominasi dengan kegiatan kegiatan keagamaan. Pasalnya, untuk proses belajar mengajar di bulan puasa tetap berjalan meskipun hanya 10 hari selama bulan Ramadhan.

Kepala Dinas Pendidikan Bener Meriah, Ruh Akbar melalui Kasi Kurikulum dan Peserta Didik Pendidikan Dasar Husaini, S.Pd,M.Pd, Sabtu (8/4/2023) mengatakan, kegiatan belajar`mengajar selama bulan Ramadhan dilaksanakan dengan melibatkan seluruh dewan guru, tenaga kependidikan, pengawas sekolah dan komite sekolah.

Dia menambahkan, materi kegiatan belajar keagamaan yang dibuat, hendaknya dapat memberikan semangat dan kegembiraan bagi anak, tidak membosankan, sehingga anak-anak yang hadir ke sekolah jadi ceria dan bahagia. “Dengan penekanan materi pada penguatan karakter anak dan ibadah pada bulan suci Ramadhan,” katan Husaini.

Secara terpisah, Kepala Sekolah SD Negeri Tawar Sedenge, Kecamatan Bandar, Surya Darma S.Pd mengatakan untuk siswa kelas 4,5 dan 6 melaksanakan pembelajaran tatap muka. “Sedangkan untuk siswa 1,2, dan 3 mengikuti pembelajaran dirumah atau penugasan yang disesuaikan dengan program satuan pendidikan,” ungkap Surya.

Dia menambahkan, untuk teknis pembelajaran menarik bagi siswa dengan cara memberikan soal tanya jawab seputaran keagamaan dan diberikan hadiah untuk berbuka bagi siswa yang bisa menjawab pertanyaan. Selain itu, ada juga kultum dan shalat dhuha berjamaah.

“Setiap pagi hari sebelum melakukan akivitas belajar mengajar kami terlebih dulu melaksanakan kegiatan shalat dhuha berjamaah, dimana yang menjadi Imamnya kita percayakan kepada siswa kelas 4,5, dan 6 secara bergantian,” jelasnya.

Surya juga menjelaskan Dalam ajaran Islam menyerukan selama bulan puasa kita disuruh untuk meningkatkan jumlah ibadah dan melakukan banyak kebaikan, jadi selama belajar keagamaan dibulan puasa, lebih banyak kegiatan kajian-kajian keilmuan tentang ajarab Islam untuk menambah wawasan siswa tentang ilmu agama Islam.

Disisi lain, Surya Darma menuturkan, jika SD Negeri Tawar Sedenge merupakan salah satu sekolah penggerak di Kabupaten Bener Meriah yang sudah berhasil meraih beberapa penghargaan, baik prestasi untuk sekolah maupun prestasi yang diraih oleh para siswa.

“Sudah ada beberapa penghargaan yang sudah kita raih, diantaranya sekolah terbersih se-Kabupaten Bener Meriah, kepala sekolah kreativitas terbaik dan untuk siswanya berhasil memenangkan lomba USN, pidato, serta prestasi lainnya,” jelasnya

Diakhir keteranganya, Surya mengharapkan dengan perbanyak materi Islami bisa menciptakan suasana khidmat sehingga siswa dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik serta dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan yang lebih terhadap Allah SWT. (Tn/Cs)

Check Also

KOMISI PEMILIHAN UMUM MENGELAR RAPAT PLENO TERBUKA PENETAPAN PEROLEHAN KURSI DAN ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

mutiaraindotv.com | Bekasi – Komisi pemilihan umum (KPU) kabupaten Bekasi pada hari ini menggelar rapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *