Selamat Hari Pers Nasional, Insan Pers Harus Bijak Memberikan Berita Aktual Dan Terpercaya

MutiaraindoTV – Jakarta. Ketua DPD PWRI Provinsi DKI Jakarta Rochman Endy Sasmita menyampaikan ucapan selamat Hari Pers Nasional, jatuh setiap tahunnya pada tanggal 9 Februari. Pers di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia, karena surat kabar atau media elektronik adalah sarana komunikasi utama untuk memantapkan kebangkitan nasional dalam mencapai cita – cita perjuangan.

Hari Pers Nasional itu ditetapkan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 5 tahun 1985 yang ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari 1985, saat di konfirmasi oleh awak media Ketua DPD PWRI Provinsi DKI Jakarta mengatakan, ” Insan Pers harus bijak dalam menyikapi permasalahan globalisasi dengan memberikan berita yang aktual dan terpercaya untuk bangsa Indonesia.

Untuk itu perlu peran penting dari Media sebagai wadah untuk menyampaikan program – program Pemerintah, serta pencapaian kinerja Pemerintahan baik pusat maupun daerah kepada masyarakat luas sebagai sosial kontrol. Jika konsep cinta mampu kita wujudkan dalam segala aspek kehidupan, maka kedamaian dan kerukunan antar anak bangsa Indonesia akan tercipta dan tertanam dengan kokoh pada setiap hati sanubari umat manusia.

Yang pada gilirannya bisa menumbuhkan semangat kebersamaan bagi kita semua dalam mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang aman dan damai, melalui semangat hari pers saat ini. Berdasarkan ketentuan pasal 33 Undang – Undang Pers No. 40 tahun 1999 tentang fungsi pers adalah sebagai media informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial. “Ungkap Rochman Endy Sasmita.

Terlebih lagi di era teknologi digital saat ini, hadirnya media merupakan sebagai sosial kontrol baik dalam pembuatan kebijakan, maupun ketika menjalankan kebijakan itu sendiri serta menangkal pemberitaan hoax di masyarakat.

Begitu pun di era Pandemi Covid-19 saat ini, pers hadir sebagai media untuk melawan pandemi, sesuai dengan tema peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 mengusung tema “Membangun Kedaulatan Nasional Di Tengah Gelombang Digitalisasi Global yang digelar di Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara”. Selamat Hari Pers Nasional, semoga Indonesia lekas bangkit dari pandemi untuk menggapai kemajuan yang berkeadilan dan kesejahteraan rakyat Indonesia. (Rochman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *