Sigap Dan Tanggap PUSDALOPS-PB BPBD Kabupaten Musi Rawas Memantau Kondisi Banjir Di 3 Kecamatan

Kepala BPBD Kabupaten Musi Rawas Paisol S.Sos Bersama Ketua RT. 2 H. Sanusi Dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Muara Kelingi
Kepala BPBD Kabupaten Musi Rawas Paisol S.Sos Bersama Ketua RT. 2 H. Sanusi Dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Muara Kelingi

MutiaraindoTV, Kabupaten Musi Rawas – Sumatera Selatan. Hujan yang turun dengan intensitas sedang hingga lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Musi Rawas menyebabkan Sungai yang ada di Musi Rawas meluap, sehingga banjir melanda di Beberapa wilayah di Kabupaten Musi Rawas. Minggu, 17 Februari 2019.

Adapun titik lokasi banjir yang telah didata dilapang bersama Tim TRC PUSDALOPS-PB BPBD Kabupaten Musi Rawas bersama Ketua RT dan Toko Masyarakat di 3 Kecamatan Kabupaten Musi Rawas, yaitu :

  1. Kecamatan Muara Kelingi.
  2. Kecamatan Muara Lakitan.
  3. Kecamatan BTS Ulu.

Di wilayah Kecamatan Muara Kelingi lokasi banjir diKelurahan Muara Kelingi disebabkan oleh meluapnya sungai Musi, untuk sementara data yang ada diterima dilapangan sebagai berikut :

  1. RT  01 ada 66 KK, 58 Rumah, 244 jiwa dan 1 Mushola dengan ketinggian mencapai 1 Meter
    2. RT. 02 ada 31 KK, 25 Rumah, 117 jiwa,1 Mushola dan 1 Polindes dengan ketinggian mencapai 1,5 Meter.
    3. RT. 03 masih dalam pendataan oleh Pemerintah Setempat, namun ketinggian air mencapai 1 Meter.

Sedangkan di wilayah Desa Bingin Jungut, kondisi di Desa Bingin jungut air sudah memasuki Pemukiman, namun belum membuat resah masyarakat dengan ketinggian air sekitar 40 Cm.

Sementara kondisi Banjir diwilayah Kecamatan Muara Lakitan, diantaranya di :

  1. Desa Semangus Lama dari data sementara banjir yang melanda di Desa Semangus Lama merendam Dusun I, II, III dan IV sejumlah 200 Rumah dengan 300 KK ketinggian air mencapai 1 Meter.
  2. Desa Prabumulih I, kondisi di Desa Prabumulih I air sudah memasuki pemukiman warga, saat ini masih dalam pendataan pihak Pemerintah Setempat untuk tindak lanjutnya.

Lanjut di Kecamatan BTS Ulu Cecar Kondisi banjir ada 4 Desa di Kecamatan BTS Ulu Cecar, yang terendam banjir namun menurut laporan Relawan dari BPBD Musi Rawas air sudah menyurut adapun 4 Desa, yakni sebagai berikut :

  1. Dusun Kartoya Desa Mulyoharjo.
  2. Desa Pangkalan Tarum.
  3. Desa Sadu.
  4. Desa Pelawe.

Badan Penangulangan Bencana Daerah Kabupaten Musi Rawas Paisol, mendapat informasi dari pihak Kecamatan dan Masyarakat mengenai adanya bencana banjir yang melanda wilayah Kabupaten Musi Rawas.

Langsung mengintruksikan ke Regu 1 TRC BPBD Musi Rawas yang dipimpin lansung oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Musi Rawas Paisol S.Sos, didampingi oleh Kasi Kedaruratan dan Logistik secara tanggap menuju kelokasi untuk untuk melaksanakan pendataan.

Koordinasi serta kaji cepat mengenai kejadian Bencana tersebut, dari hasil pendataan dan kaji cepat BPBD Musi Rawas dilapangan langsung membentuk, yakni :

  1. Posko Kesehatan sudah dibentuk di Kelurahan Muara Kelingi, agar mempermudah masyarakat untuk medapatkan fasilitas kesehatan.
  2. BPBD Musi Rawas berkoordinasi dengan Pemerintah setempat untuk selalu siaga waspada, bila terjadi kenaikan debit air agar segera melaporkan ke BPBD Musi Rawas.
  3. BPBD Musi Rawas berkoordinasi dengan Kepala Desa Semangus untuk melaksanakan pendataan, serta bersosialisasi dengan masyarakat agar selalu waspada dan siaga serta melaporkan ke BPBD Musi Rawas bila terjadi kenaikan debit air.
  4. Posko Kesehatan sudah terbentuk di Puskesmas Dusun VI Desa Semangus Lama.

Kondisi Saat ini, Masyarakat sekitar masih kondusif, aktifitas masih seperti biasa, namun tetap siaga dan waspada BPBD Musi Rawas juga Berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan untuk tindakan selanjutnya. (Awi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *