SMK Fatahillah Cileungsi Meniadakan MOS Ajaran Siswa Baru Thn 2018.

 

 

mutiaraindotv-Kabupaten Bogir,Kepala Yayasan SMK Fatahillah Aep Hidayat Spdi,Mpdi Cileungsi kabupaten Bogor untuk ajaran Siswa Baru Melarang para guru mau siswa adakan MOS.

Kami hanya mengadakan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) atau yang selama ini lebih dikenal dengan MOS (Masa Orientasi Siswa) oleh masyarakat luas.

selama ini selalu menjadi momok yang menakutkan bagi siswa. MPLS/MOS biasanya diadakan oleh sekolah menengah pertama (SMP/MTs) dan menengah atas (SMA/SMK/MA) sebagai sarana untuk mengenalkan lingkungan sekolah yang baru kepada siswa siswi barunya, namun selama ini kegiatan tersebut disalah artikan dengan melakukan serangkaian kegiatan yang kurang positif.

Pendekatan- pendekatan yang dilakukan oleh para kakak kelas selama ini dianggap kurang wajar dan tidak masuk akal dengan menyuruh mereka membawa barang-barang tertentu, makanan dengan merek tertentu, memakai atribut seperti pasien jiwa, bahkan melakukan kegiatan yang dianggap kekerasan fisik oleh kakak kelas bahkan tidak jarang hal ini banyak memakan korban jiwa.

Hal ini mengakibatkan pandangan masyarakat terhadap kegiatan ini menjadi kegiatan yang ‘horror’ selain itu kegitan ini juga tidak jarang menimbulkan kenangan traumatis pada psikologis siswa, membuat para orang tua khawatir dan merasa parnoid terhadap kegiatan yang sebenarnya bertujuan baik untuk siswa sebagai sarana pengenalan lingkungan sekolah.

Namun tiak perlu khawatir lagi tentang hal ini bagi para orang tua yang anak-anaknya sedang dalam masa masa MPLS begitupula dengan para adik-adik kelas yang akan memasuki jenjang yang lebih tinggi lagi, karena sekarang sudah ada peraturan yang dibuat oleh pemerintah lewat kemendikbud yaitu permendikbud nomor (no) 18 tahun 2016 tentang pengenalan lingkungan sekolah. Didalamnya mengatur segala tektek bengek Mos, mulai dari pelaksanaan sampai yang boleh dan tidak boleh yang dilakukan dalam pelaksanaan.

Dengan adanya peraturan ini pula MOS (Masa Orientasi Siswa) di tiadakan dan diganti dengan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) yang membawa citra lebih positive dikarenakan berbagai peraturan yang mengatur didalamnya, Ungkap Aep Kepala SMK Fatahillah.(Rachmat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *