SMK Tridaya Bekasi Adakan Deklarasi Anti Hoax Tahun 2018

Mutiara IndoTV, Kabupaten Bekasi – Jawa Barat. Siswa – Siswi SMK Tridaya Bekasi Kecamatan Tambun Selatan, adakan deklarasi Anti Hoax. Senin, (26/03/2018).

Dalam Deklarasi Anti Hoax dihadiri Babinkamtibmas Aiptu Pol. Ngatijan (Polsek Tambun Selatan), seluruh Dewan Guru, dan Wakil Kepala Sekolah SMK Tridaya Bekasi.

Dalam sambutan tertulis Kepala Sekolah SMK Tridaya Bekasi Achmad Fachrurroziq Spdi, yang dibacakan oleh Wakil Kepala Sekolah Anwar. “Bahwa
tujuan dari gerakan ini adalah agar masyarakat menyadari, bahwa peredaran berita hoax yang terjadi di media sosial belakangan ini sudah meresahkan.

Jika hal ini dibiarkan berlarut – larut, maka dikhawatirkan pengguna media sosial, bisa ‘tersesat’ di antara informasi yang benar maupun yang tidak benar.
Keberadaan berita hoax ini memang telah membuat resah, pengguna media social pada Umumnya dan hampir sebagian besar masyarakat Indonesia.

Dalam cambridge dictionary, kata hoax sendiri berarti tipuan atau lelucon. Kegiatan menipu, trik penipuan, rencana penipuan disebut dengan hoax, Menurut David Harley dalam buku Common Hoaxes and Chain Letters (2008).

Ada beberapa cara untuk mengidentifikasi Hoax diantaranya adalah:

1. Informasi hoax biasanya memiliki karakteristik surat berantai dengan menyertakan kalimat seperti, “sebarkan ini ke semua orang yang Anda tahu, jika tidak, sesuatu yang tidak menyenangkan akan terjadi”.

2. Informasi hoax biasanya tidak menyertakan tanggal kejadian atau tidak memiliki tanggal yang realistis atau bisa diverifikasi, misalnya “kemarin” atau “dikeluarkan oleh…” pernyataan-pernyataan yang tidak menunjukkan sebuah kejelasan.

3. Informasi hoax biasanya tidak memiliki tanggal kadaluwarsa pada peringatan informasi, meskipun sebenarnya kehadiran tanggal tersebut juga tidak akan membuktikan apa – apa, tetapi dapat menimbulkan efek keresahan yang berkepanjangan. (Rachmat/Suparno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *