Berita TerbaruUncategorized

SMK Tridaya Bekasi Meraih juara Paskibraka Gemar Paskibraka Raya se Propinsi jawa barat.

×

SMK Tridaya Bekasi Meraih juara Paskibraka Gemar Paskibraka Raya se Propinsi jawa barat.

Sebarkan artikel ini

 

mutiaraindotv-Kabupaten Bekasi, Siswa SMK Tridaya Bekasi Kecamatan Tambun selatan berhasil menjuarai lomba paskibraka Gema Paskibraka raya tingkat Propinsi jawa barat.

Siswa SMK Tridaya Bekasi kecamatan tambun selatan berhasil meraih juara ke III. Dengan perserta lomba dari berbagai SMA,SMK se jawa barat.

Menurut keterangan Achmad Fahrurroziq Spdi kepala sekolah SMK Tridaya Bekasi kepada mutiaraindotv, Gagasan Paskibraka lahir pada tahun 1946, pada saat ibukota Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta. Memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-1, Presiden Soekarno memerintahkan salah satu ajudannya, Mayor (Laut) Husein Mutahar, untuk menyiapkan pengibaran bendera pusaka di halaman Istana Gedung Agung Yogyakarta. Pada saat itulah, di benak Mutahar terlintas suatu gagasan bahwa sebaiknya pengibaran bendera pusaka dilakukan oleh para pemuda dari seluruh penjuru Tanah Air, karena mereka adalah generasi penerus perjuangan bangsa yang bertugas.

Tetapi, karena gagasan itu tidak mungkin terlaksana, maka Mutahar hanya bisa menghadirkan lima orang pemuda (3 putra dan 2 putri) yang berasal dari berbagai daerah dan kebetulan sedang berada di Yogyakarta. Lima orang tersebut melambangkan Pancasila. Sejak itu, sampai tahun 1949, pengibaran bendera di Yogyakarta tetap dilaksanakan dengan cara yang sama.(Rachmat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *