Sosialisasi Daftar Pemilih Tambahan Pemilihan Umum Tahun 2019

MutiaraindoTV, Kabupaten Kubu Raya – Kalimantan Barat. Bertempat di Aula Gedung Serbaguna Kantor Kecamatan Sungai Kakap, telah berlangsung kegiatan Rapat Persiapan dan Sosialisasi Daftar Pemilih Tambahan (DPT) Pemilihan Umum Tahun 2019. Kamis, 20 Desember 2018 pada pukul 09.30 WIB.

Kegiatan tersebut dihadiri sekitar kurang lebih 40 orang, antara lain:

  1. Komisioner KPU Kubu Raya Asmiratna SPd.
  2. Camat Sungai kakap Tugiono SE.
  3. Kapolsek Sungai Kakap diwakili Kanit Intelkam Ipda Ratno.
  4. Ketua PPK Karyadi S.Pd dan anggota.
  5. Ketua Panwaslu Kecamatan Sungai Kakap Hermanto Arsyad dan anggota.
  6. Ketua PPS se-Kecamatan Sungai Kakap dan anggota.
  7. Pengurus atau Calon Legislatif Partai Politik.

Pelaksanaan kegiatan tersebut, bertujuan untuk memberikan wawasan kepada perangkat pelaksana Pemilu. Dalam hal ini PPK dan PPS diwilayah Kecamatan Sungai Kakap, agar lebih memahami tentang pelaksanaan Pemilu Tahun 2019 dilapangan.

Sehingga tercipta Pemilu yang damai, menyeluruh dan berkeadilan. Dengan berpedoman pasal 36 ayat (3) PKPU Nomor 11 tahun 2018, tentang penyusunan daftar pemilih.

Penyampaian sosialisasi oleh KPU Kubu Raya tentang (DPT) dan mekanisme pindah Memilih Bagi Pemilih yang Sudah Terdaftar dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) antaran lain :

  • Melaporkan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau KPU Kabupaten Kubu Raya untuk mendapatkan surat pemberitahuan pindah memilih (Formulir model A. 5-KPU) dilaporkan 30hari sebelum pemungutan suara dengan menunjukan KTP Elektonik.
  • Jika tidak bisa pulang untuk melaporkan ke PPS atau KPU Kabupaten Kubu Raya, pemilih dapat melaporkan kepada KPU Kabupaten/Kota tujuan mendapatkan Formulir Model A. 5-KPU. dilaporkan 30 hari, sebelum pemungutan suara dengan menunjukan KTP Elektronik.

Jika sudah terdaftar di DPT, PPS asal atau KPU Kabupaten/Kota asal, maka PPS atau KPU Kabupaten/Kota tempat mengurus pindah memilih mencatat pindah memilih pada kolom keterangan DPT. Menerbitkan surat pemberitahuan pindah memilih menggunakan formulir A. 5-KPU menyerahkanya 1 (Satu) lembar kepada pemilih dan 1 (Satu) lembar arsip.

(Formulir Model A.5-KPU) akan terdaftar sebagai daftar pemilih tambahan (DPTb) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) tujuan, PPS akan mengumumkan DPTb pada tempat yang mudah dijangkau paling lambat 15(lima belas) hari sebelum pemungutan.

KPU sebagai pelaksana pemilu telah mengantisipasi terjadinya mobilisasi pemilih, berikut hal-hal yang telah dilakukan:

  • Akses surat suara disesuaikan.
  • Pindah memilih dapat terjadi, untuk situasi atau kondis tertentu yang diatur Undang – Undang.

Ipda Ratno mengatakan, bahwa Dalam kegiatan rapat persiapan dan sosialisasi Daftar Pemilih Tambahan (DPT) Pemilu Tahun 2019, adalah untuk mengantisipasi adanya pemilih yang tidak terdaftar sebagai pemilih dalam DPT dan DPTb.

Tapi memenuhi syarat sebagai pemilih pada saat pemungutan suara atau disebut (DPK) dapat menggunakan hak pilihnya dengan menunjukan KTP Elektronik, dengan ketentuan hanya boleh mencoblos/menggunakan hak pilih satu jam sebelum pemilihan ditutup.

Kegiatan berakhir pada jam 12.30 WIB dan selama kegiatan berlangsung dalam keadaan aman dan tertib, serta dilakukan pengamanan secara tertutup oleh Personil Polsek Sungai Kakap. “Ujar Ipda Ratno. (Nurdin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *