Staf Ahli Kemenkumham Lakukan Kunjungan Ke Karawang

MutiaraindoTV, Kabupaten Karawang – Jawa Barat. Pemerintah Kabupaten Karawang menerima kunjungan Staf Ahli Kementrian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan RI, diruang rapat Sekda. Kamis, 22 April 2021 pagi.

Hadir dalam kunjungan Marsekal Muda TNI Achmad Sajili (Staf Ahli Menko Polhukam Bidang Ketahanan Nasional), dan Inspektur Jenderal Polisi Dr. Agung Makbul, dan Drs. SH., MH (Staf Ahli Menko Polhukam Bidang Ideologi dan Konstitusi).

Kunjungan Kedua Staf Ahli ini membahas Progres Pembangunan Proyek Strategis Nasional Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Jawa 1, una menunjang Kebangkitan Ekonomi Nasional dan Menjaga Stabilitas Politik, Hukum & Keamanan.

Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana kepada para Staf Ahli Kemenkumhan melaporkan, “bahwa Pemkab Karawang sempat memberikan evaluasi terhadap PLTGU mengenai persoalan infrastruktur jalan yang menjadi perhatian penting bagi Pemerintah Kabupaten Karawang.

“Persoalan jalan rusak ini sering menjadi polemik di masyarakat, jalan Cikalong-Cilamaya tersebut merupakan jalan Pemkab yang rusak akibat dari angkutan proyek PLTGU dengan tonase tinggi. Kami memberi evaluasi untuk meminta pihak PLTGU agar memperbaikinya, “jelas Bupati Karawang.

Menurut Bupati, untuk kedepan seharusnya jalan tersebut bisa ditingkatkan levelnya menjadi Jalan Nasional. Pasalnya, PTGU adalah Proyek Strategis Nasional Terbesar se-Asia Tenggara.

Kedua, Bupati Karawang menyampaikan persoalan tenaga kerja dimana ia berharap setelah diresmikan Desember mendatang, masyarakat sekitar bisa ikut menikmati hasil dari proyek tersebut, seperti diberikan pelatihan dan keterlibatan dalam perekrutan tenaga kerja.

“Soal tenaga kerja kami memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang Perekrutan Tenaga Asli Daerah 60%. Kami ingin masyarakat kami diberikan kesempatan kerja atau pelatihan,” lanjut Beliau.

Ketiga, Bupati Karawang juga menginginkan adanya Pemberdayaan Perekomonian Warga melalui CSR. Kata Bupati, PLTGU harus bisa merangkul masyarakat sekitar untuk bisa menciptakan perekonomian yang penuh manfaat, sehingga keberadaan proyek tersebut benar – benar memberikan efek domino.

“Dengan adanya Proyek Strategis Nasional ini, kami yakin pasti akan memberikan dampak Positif bagi masyarakat kami. “Tambah Teh Celli (Aapaan akrab).

Sementara itu Inspektur Jenderal Polisi Dr. Agung Makbul, Drs. SH., MH (Staf Ahli Menko Polhukam Bidang Ideologi dan Konstitusi) menyampaikan tujuan kedatanganya tersebut, untuk memperoleh gambaran yang lebih Komperhensif sebagai bahan Pengkayaan Materi untuk penyusunan telaah dan rekomendasi kebijakan Bidang Ketahanan Nasional dan Bidang Ideologi Konstitusi.

“Pembangunan proyek ini diharapkan bisa memberikan efek perekonomian Karawang, dan mohon dukungannya kepada Aparat Pemerintah agar target bisa terlaksana dengan baik. “Ucap Beliau.

Kunjungan Kedua Staf Ahli Kemenkumham tersebut, berlanjut dengan peninjauan langsung ke lokasi proyek PLTGU di Cilamaya. (Alfan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *