Supandi Resmi Dilantik dan Disumpah Bupati Sebagai PAW Kades Sumberkolak

RESMI MENJABAT KEPALA DESA : Bupati Situbondo, Drs.H.Karna Suswandi, MM Saat Melantik dan Mengambil Sumpah, Supandi Sebagai PAW Kades Sumberkolak, Kecamatan Panarukan. (Syam/mam)

Mutiaraindotv.com, Situbondo – Bupati Situbondo, Drs.H.Karna Suswandi, MM melantik Supandi Pengganti Antar Waktu (PAW) Kepala Desa (Kades) Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Jumat (4/2/2022). Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Kepala Desa Sumberkolak Masa Jabatan 2022 – 2025 dilaksanakan di Pendopo Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan PAW Kades Sumberkolak, Kecamatan Panarukan dihadiri Wakil Bupati Situbondo, Nyai.Hj.Khoirani, Sekdakab Situbondo, Drs.H.Syaifullah, MM, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Situbondo, H. Lutfi Joko Prihatin dan sejumlah pejabat terkait.

Pelantikan Kades PAW ini adalah pelantikan Kades yang masa jabatannya dihitung sejak tanggal pelantikan. Yakni pada hari pelantikan dan akan diberhentikan sesuai dengan sisa masa jabatan Kades yang digantikan.

Bupati Situbondo, Drs.H.Karna Suswandi, MM atau yang akrabnya dipanggil Bung Karna dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kades PAW ini merupakan akhir dari rangkaian proses pemilihan melalui keterwakilan masyarakat beberapa waktu yang lalu, yang diselenggarakan secara demokratis, aman dan terkendali.

” Bupati bertindak untuk mengesahkan apa yang menjadi pilihan masyarakat, sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku yang dipilih oleh BPD Desa Sumberkolak, sebagai perwakilan dari masyarakat desa. Hal ini dilakukan agar proses pemerintahan desa dapat berjalan kembali, “ujarnya.

Bung Karna juga menyampaikan bahwa Kades PAW dipilih untuk memenuhi amanat peraturan perundang-undangan yang berlaku, dengan mengisi kekosongan kepemimpinan Kades defenitif sampai dengan akhir masa jabatan Kades definitif.

” Untuk dipahami dan diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat bahwa ini menggantikan almarhum H.Sukarto Kades sebelumnya, “jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Bung Karna, kami ucapkan selamat untuk kepala desa yang baru saja dilantik mempunyai tugas dan tanggung jawab besar, karena amanat yang telah dimandatkan oleh masyarakat harus dapat dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab.

” Semoga pelantikan hari ini menjadi awal pengabdian yang tulus ikhlas bagi bapak untuk membangun desa menjadi maju dan mensejahterakan masyarakat, “katanya.

Ia juga berpesan agar kepala desa yang telah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat untuk memegang amanat dan terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

” Dekat dengan masyarakat dan tentu saja, saya tidak pernah lupa tuntutan-tuntutan begitu tinggi serta begitu banyak aspirasi-aspirasi masyarakat itu harus dibarengi dengan tuntutannya yang tepat, yaitu regulasi juga harus dipahami, “ucapnya.

Bung Karna meminta seluruh masyarakat desa Sumberkolak mendukung dan berperan aktif dalam seluruh program pemerintah desa yang sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku, dan memberikan sumbangan pikiran yang membangun serta berperan aktif dalam pembangunan masyarakat desa dan membangun desa di segala bidang.

Selain itu, Bung Karna mengatakan, Kades dalam bertugas akan dibantu dan didampingi oleh BPD dan Sekdes yang nantinya akan membantu urusan administratif, sehingga seluruh elemen harus dilibatkan.

” Bukan hanya kepala desa yang bekerja tetapi semuanya dapat diberdayakan, dengan demikian tugas-tugas yang dikerjakan akan terasa lebih ringan dan bisa dilakukan secara bersama-sama, “ucap Bung Karna panggilan populer Bupati Situbondo.

Kepada kepala desa yang baru dilantik Sambung Bupati, harus mampu mengelola dan menfaatkan keuangan desa secara baik termasuk tepat waktu dalam menyampaikan laporan pertanggung jawaban keuangan desa disertai dengan tranparansi dalam pengelolaan keuangan tersebut.

” Semoga bisa berinovasi kedepannya dan tanggap dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Situbondo, khususnya Desa Sumberkolak ini, “tukasnya.

Selain itu, Bung Karna juga mengharapkan Kades yang sudah dilantik dapat menjangkau dengan baik dan produktif. Khususnya mendukung serta menyelaraskan program Pemerintah Kabupaten untuk mensejahterakan masyarakat secara merata.

” Mari menyelaraskan program untuk mensejahterakan masyarakat. Setelah ini, semoga bisa memacu kita agar lebih produktif, “tegasnya.

Tidak hanya itu yang dikatakan Bung Karna, bahwa pemilihan PAW Kades Tahun 2021, telah usai. Dan saat ini semua masyarakat harus dilayani semaksimal mungkin.

” Pasca pelantikan ini, mari melayani masyarakat sebaik mungkin untuk tujuan mensejahterakan dan lebih Berjaya, “pesan Bung Karna.

Sementara Kepala Desa Sumberkolak, Supandi mengatakan, sebagai generasi muda untuk periode ini dan untuk kedepan ia akan terus berupaya agar bisa bekerja maksimal untuk semua masyarakat desa Sumberkolak.

” Saya sejak pertama, punya niatan untuk memajukan desa dengan terus melayani warga, “kata mantan Ketua FK-BPD Panarukan itu.

Menurutnya, untuk program-program desa ia akan melanjutkan apa yang sudah direncanakan oleh kepala desa sebelumnya.

” Untuk dua tahun ini, kita akan melanjutkan. Tapi nanti program yang akan kita terapkan ataupun kita kembangkan yang terutama di bidang pengajian istilahnya penggerak ibu-ibu pengajian, terus akan menggerakkan ibu-ibu PKK biar tambah aktif, menggerakkan ibu-ibu untuk membuat kerajinan. Sebab, banyak kerajinan disini dan banyak potensi-potensi yang bisa kita berdayakan untuk masyarakat Sumberkolak, “imbuhnya. (Syam/mam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *