Tahun Depan Manajemen Distribusi Pupuk Subsidi Akan Diperbaiki Pendistribusiannya

Mutiaraindotv.com, BONDOWOSO, JAWA TIMUR – Ketua Asosiasi Distributor Pupuk Indonesia (ADPI) Kabupaten Bondowoso, H. Syamsul Arifin berjanji akan memperbaiki manajemen distribusi pupuk subsidi.

“Saya bersama Pengurus ADPI yang lain akan memperbaiki manajemen distribusi pupuk subsidi. Agar seluruh petani Bondowoso yang berhak mendapatkan pupuk subsidi tercover semua,” janji H. Syamsul, sapaannya, ahad 20/11.

Ungkapan tersebut disampaikan oleh Distributor Pupuk yang pernah berguru kepada haddam alm. KH. Abd. Haq Zaini, PP Nurul Jadid Paiton Probolinggo ini menanggapi petani Jambesari Darussalah yang mengaku kesulitan mencari pupuk subsidi.

Menurutnya, faktor yang menyebabkan petani tidak mendapatkan pupuk subsidi, karena tidak terdaftar dalam Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK). Oleh karena itu, ADPI akan terus mendorong Kelompok Tani aktif saat menyusun e-RDKK.

Saya akan usul pada Dinas Pertanian, lanjutnya, agar seluruh Kelompok Tani dikuatkan lembaganya. Karena yang mempunyai peran penting dalam penyusunan e-RDKK adalah kelompok petani yang didampingi PPL.

Ditambahkan, jika misalkan, setelah didata melalui E-RDKK masih ada petani yang terlewati, namanya tidak tercantum didalamnya, maka Distributor melalui Kios menyediakan pupuk non subsidi.

“Tapi kami sebagai Ketua ADPI Kabupaten Bondowoso, akan tetap berupaya semaksimal mungkin, agar seluruh petani di Bondowoso mendapatkan jatah pupuk subsidi dari Pemerintah,” jelasnya.

Pantauan dilapangan, selama ini yang dominan dalam penyusunan e-RDKK adalah Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). Padahal yang paling tahu keberadaan petani adalah Kelompok Tani. (sam/zen)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *