Tanggul Sungai Sei Suka Jebol, Rendam 197 Ha Sawah Dan 36 KK

 

MutiaraindoTV, Kabupaten Batu Bara – Sumatera Utara. Sedikitnya 36 Kepala Keluarga (KK) dan 197 lahan pertanian persawahan milik warga yang terendam banjir, akibat jebolnya tanggul sungai Sei Suka dengan panjang ± 20 Meter. Rabu, 09 September 2020.

Kepala Desa Sei Bauah Keras, H. Sarifuddin mengungkapan kepada awak media diruang kerjanya. Selain pemukiman masyarakat dan lahan pertanian persawahan milik warga, juga sepanjang jalan 6.260 Meter rute jalan milik Kabupaten dan Desa Sei Buah Keras digenangi air setinggi lutut orang dewasa.

H. Sarifudfin menjelaskan, “jebolnya tanggul Sungai Sei Suka beberapa Dusun yang terimbas akibat luapan air sungai. Sehingga menggenangi pemukiman warga desa, diantaranya yaitu :

  • Dusun Perkebunan Desa Sei Buah Keras.
  • Dusun Sei Periuk.
  • Dusun Limau Kapas.
  • Dusun Limau Manis.
  • Dusun Magung.
  • Dusu Magung Baru.

Kepala Desa, H. Sarifudin berharap Peritahan Kabupaten Batu Bara segera untuk menggambil langkah dalam penyelamatan awal dan kepada Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara, “khususnya Dinas PUPR dan Pengairan kiranya segera mengambil langkah untuk lakukan normalisasi (pengerukan) sungai Sei Suka Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara hingga kebawah.

Ketua kelompok Tani pun ikut memberikan keterangan kepada awak media, “sepanjang 11 Km sungai Sei Suka yang perlu untuk di normalisasi (Pengerukan) dan sangat perlu juga untuk dilakukan pembuatan bronjongan. Guna mengatisipasi derasnya air sehingga tidak mudah tanggul sungai terkikis air, ketika semua itu dapat dikabulkan oleh pemerintah, “insyaallah Desa Kami tidak lagi mengalami Banjir sebab tanggul sungai bertambah kokoh. “Ungkap Sukadi Ketua Kelompok Tani.

Dari 36 Kelapa Keluarga (KK) yang rumahnya direndam air, hanya satu rumah tangga yang terpaksa untuk mengungsi  ketempat keluarga. Sebab rumah yang dihuninya sangat dekat dengan tanggul yang jebol, takut kalau ada luapan air susulan yang lebih parah, karena saat ini curah hujan sangat tinggi.

Bupati Batubara Ir. H. Zahir M.AP bersama Tim Komunitas Sedekah Jum’at (KSJ) dengan sigap dan meninjau langsung kelokasi banjir Semabri memberikan bantuan sembako kepada warga korban banjir, Bupati berjanji segera akan mengatasi tanggul yang jebol tersebut. “Pungkas Kapala Desa Sei Bauah Keras. (Gatot)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *