Tangkal Informasi Hoax, Pemkab Bentuk KKD

Mutiaraindotv.com, BONDOWOSO, JAWA TIMUR-Bupati Bondowoso, Drs. KH. Salwa Arifin melantik pengurus Komite Komunikasi Digital (K2D) Kabupaten Bondowoso, periode 2022 – 2024 di Pendopo Bupati, Kamis (3/11/2022).

Komite Komunikasi Digital ini dibentuk untuk menanggulangi efek negatif dari kemajuan teknologi informasi, dengan munculnya berita hoax yang penyebarannya sangat cepat di masyarakat.

Dalam sambutannya, Kyai Salwa, sapaan Bupati menyampaikan, dampak dari majunya teknologi informasi menyebabkan dunia maya mempengaruhi dunia nyata dan begitu pula sebaliknya, hal tersebut merubah cara kerja seluruh stake holder.

“Pemkab Bondowoso siap mendukung Komite Komunikasi Digital dalam menanggulangi berita hoax dengan mengedepankan langkah persuasif dan edukatif kepada masyarakat,” kata Kyai Salwa.

Di era kemajuan dunia digital ini, lanjutnya, menyebabkan perubahan, ketidakpastian, kompleksitas, dan ambiguitas di masyarakat. Diharapkan KKD ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dalam menyaring berita yang beredar, terutama di media digital.

Ditambahkan, Konten kreator di dunia digital memberikan peran penting dalam membentuk mindset di masyarakat. Oleh karena itu diperlukan upaya menggerakkan konten kreator dunia digital.
KKD ini merupakan wujud dari sinergitas dari unsur pemerintahan dan para media dalam menjaga keutuhan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Ketua KKD, Ghozal Rawan mengatakan, pihaknya bersama tim dalam waktu dekat akan melakukan gerakan.

“Dengan melakukan sosialisasi yang berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan perguruan tinggi, dan dengan semuanya. Setelah ini kita akan menindaklanjuti arahan dari Bupati. Kita segera menyusun rencana program, dan kita siapkan sesuai arahan-arahan tadi,” jelasnya. (sam/zen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *