TAPE Masuk Nominasi TOP 45 KOVABLIK 2022

Mutiaraindotv.com, BONDOWOSO, JAWA TIMUR – Inovasi layanan publik yang berjudul TAPE (Tabungan Perilaku), sebagai upaya menanamkan nilai-nilai Pancasila di SDN Kembang 1 Kecamatan Bondowoso masuk Nominasi TOP 45 KOVABLIK 2022.

Bupati Bondowoso, Drs. KH. Salwa Arifin mengatakan, berdasarkan hasil observasi dan catatan lapangan didapat data bahwa pengalaman nilai-nilai Pancasila pada siswa SDN Kembang 1 rendah atau kurang.

“Indikatornya adalah setiap hari selalu ada siswa yang berkelahi, selalu ada siswa menangis akibat perundungan, selalu ada yang tidak mengerjakan tugas,” kata Kyai Salwa, sapaan Bupati, selasa 4/10.

Kemudian, lanjutnya, gotong royong jarang dilakukan siswa, ketika upacara banyak siswa yang tidak hormat kepada bendera merah putih. Ketika upacara banyak siswa yang tidak ikut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Ditambahkan, dari latar belakang tersebut, kami simpulkan, pengalaman nilai-nilai Pancasila di SDN Kembang 1 rendah. Setelah dilakukan program TAPE, ada nilai tambah pada murid tersebut.

Secara tehnis, perilaku siswa dipantau secara berkala melalui sebuah TAbungan Perilaku (TAPE). Perkembangannya diukur dengan menggunakan statistik sederhana dan mudah dilaksanakan.

Mendampingi Bupati, Kepala Dinas Pendidikan Dr. Drs. H. Sugiono Eksantoso, MM menjelaskan, implementasi inovasi TAPE dilaksanakan melalui beberapa tahap. Membangun komitmen bersama atau membuat kesepakatan, sosialisasi program, penyususunan instumen dan evaluasi.

“Dampaknya, pelanggaran penggunaan atribut pada tahun pertama turun 53% dan tahun kedua 86%. Pelanggaran cinta tanah air turun 55% dan tahun kedua 91%. Pelanggaran gotong royong turun hingga 90%,” jelasnya.

TAPE, lanjutnya, memiliki potensi untuk diadaptasi/replika disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Hal ini terjadi karena TAPE memiliki dampak besar, yaitu tumbuhnya rasa nasionalisme pada siswa secara dini. (sam/zen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *