Telah Semaraknya Di Rayakan Robo – Robo Di Kecamatan Teluk Pakedai

MutiaraindoTV, Kabupaten Kubu Raya – Kalimantan Barat. Perayaan Robo – Robo yang dilakukan setiap tahun pada Bulan Safar di Tahun Hijiriah, itu selalu menjadi magnet bagi masyarakat serta wisatawan mancanegara untuk menyaksikan langsung ritual Robo – Robo. Kondisi ini tentunya sudah menjadi acara Budaya, yang ditunggu – tunggu masyarakat.

Masyarakat menggelar acara Robo – Robo secara serentak di empat Kecamatan di Kabupaten Kubu Raya, Yakni Kecamatan Kubu, Kecamatan Teluk Pakedai, Kecamatan Sungai Kakap dan Kecamatan Sungai Raya. “Kata Roy Nurdin Ketua Panitia Ritual Robo – Robo Desa Teluk Gelam. Rabu, 07 November 2018.

Masih kata Roy Nurdin dasarnya kegiatan ritual Robo – Robo sudah turun – temurun di laksanakan, karnanya ritual hubungan manusia dan mahluk halus. Yang berarti kita bukan sesajen atau bagaimana, tapi kita menjaga jangan sampai mahluk halus dan kita manusia berbenturan. “Tuturnya.

Lebih lanjut dia juga mengatakan, selain kegiatan ritual Robo – Robo panitia juga mengadakan kegiatan berupa hiburan rakyat. Seperti turnamen sepak bola, lomba sampan, nganyam ketupat dan rabana, kesenian berupa hiburan dan masih banyak lagi yang lainnya. Kegiatan ini sudah berlangsung selama satu minggu, tapi kita mabil hari H nya itu malam minggu. “Jelasnya.

“Pada waktu yang sama Camat Kecamatan Teluk Pakedai Rasudi SE juga mengatakan, dengan di adakannya ritual Robo – Robo sebagai hujut kepada tuhan yang maha Esa untuk sejahterah dan menyatukan masyarakat di Teluk Pak Kedai. “Imbuhnya.

Sementara itu Danramil Kecamatan Teluk Pakedai Kapten Infantri Saripin mengaspirasi di dalam acara Robo – Robo, saya mendukung karna cukup baik. Ini tidak mengilangkan adat istiadat, justeruh melestarikan adat istiadat. Karna ini dari keturunan Raja sebelumnnya, dan kegiatan seperti ini harus kita lestarikan jangan sampai punah. “Terangnya.

Dan terkait keamanan Kapolsek Kecamatan Teluk Pakedai Iptu Oscar Hardyan S.Sos., MAP ketika ditemui awak media ini menjelaskan. Dengan dia adakan ritual Robo – Robo, kita dari Polsek Kecamatan Telok Pakkedai, telah menurun seluruh kekuatan keamanan.

Karna untuk kegiatan ini berada di dua lokasi ada di Desa telok Gelam dan di Desa Selak Remis, Kecamtan Telok Pakedai. Jadi malam ini kita bersamaan dengan anggota TNI bersama – sama untuk melakukan keamanan, jadi prinsipnya kami akan berusaha semaksimal mungkin mengamankan Kegiatan ini dengan aman dan sukses. “Ungkapnya. (Nurdin/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *