Tengkulak Semakin Kaya Petani Ikan Semakin Miskin, Harga Pakan Melambung Tinggi

author
Penulis: 
109 dilihat

Gambar Ilustrasi

Mutiaraindotv, Lubukklinggau – Sumatera Selatan, salah satu dari sekian orang Petani Ikan Kolam Tanah dan Air Deras Isinial AH, menceritakan kesedihannya sebagai Petani Ikan.

Yang mana kami sebagai Petani Ikan tanpa ada yang mengelola baik dari Dinas Perikanan maupun dari pihak lain seperti Koperasi atau unit kelompok lainnya. Jika melihat di Daerah lain adanya kerja sama Usaha Mitra yang dikelola oleh Koperasi. Jum’at, 07 Agustus 2020.

Cuy menceritakan ke Tim Mutiaraindotv, bahwa dari zaman dahulu sampai sekarang kami dari Petani Kolam Air Deras ataupun Kolam Tanah belum adanya perhatian dan kepedulian Pemerintah Daerah dan Pihak Mitra yang sekiranya bisa bekerja sama. Sebenarnya kami sebagai Petani Ikan berharap ada perhatian dari Pemerintah Daerah agar kami bisa mewujudkan apa yang telah diprogramkan Pemerintah Pusat.

Akan tetapi harapan kami dibawah ini tak kunjung adanya perhatian dan kepedulian baik dari Pemerintah dan pihak terkait. Seperti masalah Pakan Ikan kami meminta dan berharap kepada Pemerintah, agar adanya survey harga Pakan Ikan yang kian hari kian melambung. Dengan alasan dari tengkulak ini disebabkan labilnya perekonomian di zaman Pademi Covid- 19.

Untuk satu Karung Pakan Ikan 30 kg kalau kami beli lepas, langsung ke Tokonya harganya berkisar Rp. 250.000. Kalau kami membeli dengan para Tengkulak dengan cara tempo setelah pasca Panen, per 30 kg Petani Ikan seharga Rp. 290.000 sampai Rp. 300.000. Jadi gimana kami mau mendapatkan Modal untuk usaha kami kembali sedangkan harga Ikan pun terjepit.

Jadi setiap Pasca Panen Ikan, kami selalu merugi dikarenakan para Tengkulak membayar harga Ikan Nila kami per Kilo, dengan harga Rp. 17.000, dan untuk Ikan Mas per Kilo seharga Rp. 24.000.

Sedangkan para tengkulak menjual dipasaran per Kilo untuk Ikan Nila Rp. 28. 000 sampai Rp. 30.000. untuk Ikan Mas tengkulak menjual dengan dengan harga Rp. 35.000 sampai dengan Rp. 38.000.

Padahal kebutuhan ikan saat ini menjadi kebutuhan dari Sandang dan Pangan,

kami berharap kepada Pemerintah dapat mencari solusi kepada kami. Bagaimana cara mendapatkan Pakan dan harga jual Ikan, agar harga Ikan bisa merata di wilayah SumSel.

Kalau harga Bibit masih standar harga pasaran untuk harga Pakan yang dipatok oleh para pelaku usaha berkisaran harga 280 rb sampai 300 rb perkarung dengan 30 kg sedangkan kalau yang 40 kg dan 50 kg lebih tinggi.

Penjelasan tengkulak harga pakan meningkat disebabkan karena saat ini masa Pademi. Dan kami pun sebagai Petani Ikan meminta kepada Pemerintah Pusat pikirkan Nasib kami para Petani Kolam Ikan, ujar Cuy.

Ditambahkan Cuy berharap kepada Pemerintah Pusat untuk membuatkan wadah seperti KUD atau koperasi atau Dinas Perikanan di Daerah. Agar harga Ikan Nila dan Mas menjadi standar dan Masyarakat bisa menikmati Ikan lebih Murah terkhusus diwilayah Musi Rawas, Lubuklinggau dan Musi Rawas Utara. Dikelola yang benar dan kami para Petani Ikan akan lebih bersama semangat. (021).

editor ” Awi “.
Berita Terbaru, Nusantara, Pemerintahan, Uncategorized

Posting Terkait

Permalink ke Lewat Olahraga, Karang Anyar Menjadi Desa Percontohan Kegiatan Kepemudaan
Lewat Olahraga, Karang Anyar Menjadi Desa Percontohan Kegiatan Kepemudaan
Mutiaraindotv, Musi Rawas Utara, Karang Taruna dan Pemerintah Desa
Permalink ke 8 TRC BPBD Mura, 6 PRG Barsarnas Bersama Warga Berhasil Menemukan Jasad Korban Tenggelam
8 TRC BPBD Mura, 6 PRG Barsarnas Bersama Warga Berhasil Menemukan Jasad Korban Tenggelam
Mutiaraindotv, STL Ulu Terawas – Musi Rawas, Seorang warga
Permalink ke Kacau , PDAM Tirta Bhagasasi Patok Harga Rp 3 Juta, LSM Prestasi : Di ABT 2020 Dapat Penyertaan Modal Rp 80 M.
Kacau , PDAM Tirta Bhagasasi Patok Harga Rp 3 Juta, LSM Prestasi : Di ABT 2020 Dapat Penyertaan Modal Rp 80 M.
MutiaraIndoTV.com (Bekasi)-Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bhagasasi mematok harga
Permalink ke Satgas Yonarmed 9 Kostrad Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Puskesmas Kecamatan Ibu Selatan
Satgas Yonarmed 9 Kostrad Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Puskesmas Kecamatan Ibu Selatan
MutiaraIndoTv, Ibu Selatan – Maluku Utara, SatgasYonarmed 9 Kostrad

Tinggalkan pesan

Ragam & Peristiwa

8 TRC BPBD Mura, 6 PRG Barsarnas Bersama Warga Berhasil Menemukan Jasad Korban Tenggelam
Mutiaraindotv, STL Ulu Terawas – Musi Rawas, Seorang warga
Kacau , PDAM Tirta Bhagasasi Patok Harga Rp 3 Juta, LSM Prestasi : Di ABT 2020 Dapat Penyertaan Modal Rp 80 M.
MutiaraIndoTV.com (Bekasi)-Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bhagasasi mematok harga
Terkait Plang Portal Di Sei Berjangkar , Kinerja Dinas Perhubungan Kab.Batu Bar Dipertanyakan
  Mutiaraindotv.com  (Batu Bara)- Pengawasan  Dinas Perhubungan Kabupaten Batu
Mayat Bayi Ditemukan Terbungkus Kain Disungai Di Desa Kesambirampak
  Mutiaraindotv.com (Situbondo) Jawa Timur – Nayat bayi yang