Terkait Penggunaan Dana Desa, LPK Situbondo Akan Laporkan Kades Curah Tatal

Mutiaraindotv.com  (Situbondo)  Kegiatan pembangunan Saluran (irigasi) di Desa Curah Tatal, Arjasa, Kabupaten Situbondo gagal. Pasalnya , pembangunan yang seharusnya diselesaikan tahun 2019, dikerjakan pada tahun 2020. Pemerintah Desa Curah Tatal berdalih hal tersebut karena persoalan politik pada pilkades.

” Jadi sering terjadi masalah kalau ada kegiatan di dusun Krajan, karena disana tempat saingan saya di Pilkades dulu,” kata Kepala Desa Curah Tatal, Arwiyati , saat di konfirmasi Mutiaraindotv.com.

Dirinya menambahkan, keterlambatan pembangunan saluran irigasi ( Plengsengan) juga karena masalah antara para pemilik sawah dan sempat terjadi pertengkaran mengenai letak dan ukurannya pada tahun 2019.

” Makanya pembangunan nya diundur,” katanya. Terkait hasil pekerjaan pembangunan irigasi yang tidak sesuai rencana awal, Kades Arwiyati, sebagai pengguna anggaran, seharusnya menegur Tim Pengelola Kegiatan ( TPK).

” Masalah pembangunan irigasi teknisnya saya percayakan ke TPK jadi jika ada penyimpangan dilapangan silakan hubungi TPK nya,” ujarnya.

Sebelumnya, Mutiaraindotv.com dan LSM LPK mendatangai lokasi pembangunan irigasi yang letaknya di RT 01/01 Dusun Krajan. Dari pengecekan dilokasi didapati adanya kejanggalan, diantaranya, ukuran kedalaman, ketinggian, lebar dan pondasi.

” Ternyata  volumenya berkurang secara signifikan,” kata Ketua LPK, Deni.

Deni menyayangkan TPK yang sulit untuk di minta keterangan terkait pembangunan irigasi yang menelan Dana Rp 63 juta lebih itu.

” Lebih anehnya, proyek itu seharusnya selesai tahun 2019 tapi baru dikerjakan tahun 2020,” jelas Deni.

LPK , katanya mempertanyakan bagaimana mekanisme laporan penggunaan dana desa TA 2019 di desa Curah Tatal.

” Harus nya sudah rampung laporannya pada akhir tahun 2019 , SPJ nya seperti apa, kok masih ada kegiatan Dana Desa TA 2019 padahal sudah memasuki pencairan Dana Desa TA 2020,” katanya.

(Irwan)

editor : dwi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *