Tim Binwil Kecamatan Cicurug Tinjau Budidaya Kroto Tenjoayu

MutiaraindoTV, Kabupaten Sukabumi – Jawa Barat. Tim Pembinaan dan Pengawasan Wilayah (Binwil) Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Meninjau Budidaya Kroto Kelompok Tani Pakasa di Kampung Tenjoayu Rt. 4/Rw. 2 Desa Tenjoayu, Kecamatan Cicurug. Selasa, 24 Juli 2018.

Kepala Desa Tenjoayu Asnawi menuturkan Budidaya Kroto, tersebut dianggarkan dari Alokasi Dana Desa (ADD) Bidang Pemberdayaan Tahun Angaran 2017. Dipilihnya Usaha Kroto selain pangsa pasarnya cukup terbuka juga tidak memerlukan ruang luas. Dari budidaya yang dilakukan kelompok telah berkembang, ke beberapa warga sekitar. “Ini bisa jadi usaha andalan desa untuk dikembangkan ke masyarakat, “kata Asnawi.

Kasi Pemberdayaan Kecamatan Cicurug Halimi tampak begitu tertarik melihat Budidaya Kroto Poktan Pakasa Desa Tenjoayu, menurutnya Budidaya Kroto sangat menjanjikan dan tidak memerlukan lahan luas. Apalagi pasarnya sangat terbuka dan harganya begitu menggiurkan, dan pakan ternak kroto bisa didapat di alam sekitar rumah dan kebun

Selain Budidaya Kroto, lanjut Halimi kelompok ini juga memulai Ternak Madu Kelenceng. Untuk budidaya ini Petani hanya berusaha agar melenceng tidak pergi, caranya tetap menjaga ketenangan kelenceng dan lingkungan sekitar. Untuk Budidaya Madu Kelenceng, peternak tidak perlu memberi pakan karena kelenceng sendiri yang berusaha diluar sarang.

“Saya bangga melihat Hudidaya Kroto dan Kelenceng Poktan Pakasa Desa Tenjoayu, saya berharap budidaya ini bisa dikembangkan ke warga lainnya sebagai usaha unggulan desa. “Pungkas Halimi. (Whd/HR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *