Tim BPS Mendata Ketua DPRD Bondowoso

Mutiaraindotv.com, BONDOWOSO, JAWA TIMUR-Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bondowoso Mohamad Isma’il, memimpin langsung Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) pada Rabu 19 Oktober 2022 pada Ketua DPRD Bondowoso H Ahmad Dhafir.

Seluruh instrumen pertanyaan yang diajukan oleh Ismail, sapaannya bersama tim, kepada Politisi PKB ini, dijawabnya dengan santai dan penuh kekeluargaan. Regsosek dilakukan di Wisma Ketua DPRD.

“Pendataan dilakukan sebulan penuh, mulai dari tanggal 15 Oktober hingga 14 November 2022. Pendataan dilakukan di seluruh Indonesia,” kata Ismail rabu 19/10 pada wartawan.

Tujuan pendataan, lanjutnya, untuk mengetahui secara pasti jumlah dan identitas penduduk. Hal ini berkaitan dengan program pemerintah dalam melindungi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ditambahkan, data yang diambil oleh BPS antara lain, profil sosial ekonomi, kesehatan, aset, perlindungan sosial dan berbagai data yang diperlukan lainnya. Data ini sebagai rujukan pemerintah dalam mengambil kebijakan.

Regsosek menyatukan data dari seluruh lembaga yang juga melakukan pendataan. Kementrian atau lembaga pemerintah tertentu juga melakukan pendataan. Regsosek bertugas menyatukan data-data tersebut.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD H. Ahmad Dhafir mengatakan, data harus betul-betul akurat. Sebab data ini sebagai pondasi pemerintah dalam mengambil kebijakan. Data tidak valid menyebabkan kebijakan pemerintah akan amburadul.

“Yang sering terjadi bantuan tidak tepat sasaran, karena data tidak valid. Yang seharusnya mendapat bantuan tidak dapat, begitu juga sebaliknya. Data valid merupakan keharusan,” pungkasnya.

Data dari BPS, lanjutnya, menjadi sumber informasi awal pemerintah dalam mengambil kebijakan dalam pembangun di Bondowoso pada khususnya. Sebab selama ini, sering terjadi perdebatan di DPRD, karena data antara BPS dan pemerintah tidak sama. (sam/zen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *