Tingkatkan Ketahanan Pangan,KTNA Provinsi Sumut Kunker Ke Pemkab Dairi Dan Kelompok Tani

Kunjungan Kerja KTNA Provinsi Sumut Disambut Baik Pemkab Dairi Dan Kelompok Tani

Mutiaraindotv.com  (Batu Bara) –
Kunjungan kerja (Kunker) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Sumut ke Kabupaten Dairi di sambut baik Pemkab Dairi khususnya Dinas Pertanian dan Para pengurus KTNA se Kabupaten Dairi Kota Sidikalang, Juma’at 4/12/20.

Seiring progam Gubernur Sumatera Utara tentang ketahanan pangan maka untuk itu sangat perlu memperbaiki pertanian yang ada disetiap wilayah kabupaten/kota se Propinsi Sumatera. Ketahanan pangan dimulai dari tanaman pangan, holtikultura , peternakan, perkebunan serta budi daya lainya . Dalam kaitan ini,  KTNA diharapkan diharapkan mampu  untuk memotori para petani agar bisa bangkit dan lebih sukses.

Diawali dengan melakukan konsolidasi pengerus KTNA Kabupaten/Kota se-prop ini Sumatera Utara upaya untuk keabsahan masing masing di wilayah.
hal ini dijelaskan ketua KTNA Provinsi

” Pada dasarnya ketika kita mau bekerja dengan sungguh sungguh kami yakin petani khususnya di Sumut lebih produktif sesuai dengan harapan Gubernur,KTNA selalu ada di mana mana dan tidak kemana mana untuk petani di setiap wilayah,.. Sumut Hebat..”Kata Ketua KTNA Provinsi, Tatik Habib Nasution,Spd.

Dikatakannya, kunjungan kerja KTNA Sumut di Kabupaten Dairi kota Sidikalang tentu menjalain keutuhan silaturahmi dengan para pengurus KTNA lebih lebih ingin meninjau langsung produk paten yang sudah dilakukan oleh pihak KTNA Dairi dan tetap saling berkolaborasi dengan Pemkab khusunya Dinas Pertaniannya.

Sementara Drs.Djohar Sitanggang selaku ketua KTNA Kota Sidikalang bersama jajaran kelompaok tani dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dari Dinas Pertanian menyambut baik kedatangan KTNA Provinsi.

Sesuai dengan surat tugas yang di berikan oleh Ibu Tatik kepada H.Selamat Arifin,SE.Msi selaku wakil KTNA Provinsi bidang Pertanian dan juga kordinator untuk wilayah 4 agar dapat melaksanakan kunjungan kerja ke Daerah . H.Selamet Arifin,SE. Msi yang didampingi oleh M.Ridwan.Ms Pengurus KTNA Kabupaten Batu Bara serta jajaran pengurus KTNA dan PPL Dairi Kota Sidikalang meninjau langsung kegiatan para kelompok tani yang merupakan binaan dari KTNA Kota Sidikalang.

Kelompok tani cipta karya yang beralamat di Desa Kering Kecamatan Brampo sala satu kelomlok tani yang aktif dan terus bekerja keras untuk budidya penangkaran lebah madu.

Di jelas kan Drs.Djohar Sitanggang Budi daya lebah madu terus digalakan sebab kelangkahan madu saat ini sama.

” Kita ketahui dan harganya pun mahal dipasaran, dengan di berdayakan nya kekelompok sangat membatu masyarakat sekitar bahkan kita pasarkan ke luar Darah, “ujarnya.

Selanjutnya Drs.Djohar bersama rombongan kelokasi pertanian Kopi Arabika meninjau langsung tanaman kopi diareal peladangan pertumbuhan kopi yang begitu subur dan hasil cukup lumayan bagi petani, dengan penanaman sesuai standat pertanian .
Tidak jauh dari lokasi perladang Kopi tim langsung meninjau ke ladang pertanian jagung juga meninjau rumah kaca tempat pembibitan Tanaman Hotikutura,
Semuanya ini adalah binaan dari kelompok tani cipta karya semua keanggotaan nya yang terus aktif saling membahu untuk kejayaan petani.

Harapan Djohar KTNA Provinsi dapat terus melakukan binaan terhadap kami yang ada di Daerah terus lakukan kunjungan dan memberikan motipasi dan lakukan pengawasan terkait dengan pemasaran haraga jual hasil petani,kami yakin kesigapan buk Tatik selaku ketua KTNA sangat proaktif membela petani.

Dikatakan H.Selamet Arifin, uasi nya melakukan kunjungan ianya sangat teropsepsi tetus lakukan pembinaan terhadap kelompok tani yang ada di Daerah,tentu setiap Daerah beda beda hasil pertanianya yang merupakan Aikon dari produk yang dihasikan sesuai kemampuan dan sekil juga areal (lahan) pendukungnya.

Sidikalang merupakan Daerah penghasil Kopi Arabika terbesar di Sumatera Utara selain dari Holtikutura yang cukup terkenal disemua Daerah, sesuai dengan harapan Ketua KTNA Dairi Kota Sidikalang pihak nya berharapn KTNA Provinsi selalu mengawasi untuk pemasaran harga jual hasil petani di manapun itu.
Dilanjutkan H.Selamat Arifin sesuai arahan yang di sampaikan Ibu Tataik ketua KTNA Provinsi KTNA adalah mitra dari Pemerintah. Gatot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *