Universitas Borobudur Gelar Kegiatan Donor Darah Di RSAU dr. Esnawan Antariksa Halim Perdanakusuma

MutiaraindoTV – DKI Jakarta. Universitas Borobudur Jakarta kembali mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat, kali ini kegiatan pengabdian berupa pelaksanaan Donor Darah di Rumah Sakit Angkatan Udara dr. Esnawan Antariksa, Halim Perdanakusuma. Bekerja sama dengan Program Studi Pascasarjana Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (Unsurya), RSAU dr. Esnawan dan Palang Merah Indonesia UTD Kabupaten Bekasi.

Acara yang digelar di ruang Andromeda Rumah Sakit Angkatan Udara dr. Esnawan Antariksa, Halim Perdanakusuma pada hari Selasa, 22 November 2022 ini bertemakan : “Donor Darah Bukti Nyata Kampus Peduli Masyarakat Sehat Pasca Covid-19”.

Acara yang dihadiri oleh 175 pendonor dari kalangan umum, Civitas Akademika dari kedua Universitas, serta karyawan Rumah Sakit berlangsung lancar hingga siang hari. Hadir sebagai pembicara dalam penyuluhan kesehatan yaitu Ibu Dr. Roma Tao Toba MR., M.Kep., Ns.Sp., Kep.Kom dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Borobudur.

Dalam penyuluhannya Dr. Roma Tao Toba MR., M.Kep., Ns.Sp., Kep.Kom memaparkan bagaimana peranan darah begitu penting dalam kehidupan manusia, sehingga darah adalah nyawa sebenarnya dari tubuh manusia. Beragam jenis golongan darah memiliki keistimewaan masing – masing dalam tubuh setiap manusia, dan jenis – jenis darah yang ada pada tubuh manusia memiliki usia pembaharuan dengan siklusnya masing – masing.

Dengan melakukan donor darah, menurutnya akan memperbaharui siklus produksi darah yang ada di tubuh kita, sehingga tubuh kita akan selalu sehat dan memiliki darah yang usianya muda selalu.

Acara penyuluhan kesehatan ini ditutup dengan pertukaran cinderamata dari seluruh pihak yang terlibat, yaitu Prof. Dr. Ir. Darwati Susilastuti, M.M selaku Wakil Rektor I Universitas Borobudur, Dr. Sri Widodo, S.AP., M.Si (Han) selaku Direktur Pascasarjana Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma, Dr. Evi Syafrida Nasution, M.Psi. Psikolog selaku Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Borobudur, Kolonel Kes dr. Paulus Supriyono, Sp.Rad (K)., MSK., M.M selaku Kepala Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr. Esnawan Antariksa, dan dr. Dewi Kusumastuti, M. Biomed selaku Kepala UTD PMI Kabupaten Bekasi.

Dalam pembicaraan terpisah, Ibu Dr. Evi Syafrida Nasution, M.Psi. Psikolog menjelaskan, “bahwa kerjasama lintas Universitas dan Instansi seperti ini memberikan manfaat yang luas bagi seluruh kalangan masyarakat dan lapisan civitas akademika.

Beliau menambahkan dampak implementasi kegiatan ini begitu luas dan berkesinambungan, sehingga dapat terus dipantau perkembangannya dan dilaksanakan kembali sewaktu-waktu dirasakan perlu.

Semoga seluruh civitas akademika perguruan tinggi kedua Universitas ini tidak berhenti untuk terus berkarya dan meningkatkan kerjasamanya ke bidang lain yang lebih bermanfaat bagi kalangan masyarakat luas, jaya selalu LPPM Universitas Borobudur untuk terus mengabdi kepada masyarakat melalui Tridarma Pendidikan Tinggi. “Ungkap Ibu Dr. Evi Syafrida Nasution, M.Psi. (Rochman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *