Untuk Ke-5 Kalinya Kabupaten Bener Meriah Raih WTP

MutiaraindoTV, Kota Banda Aceh – Aceh. Pemerintah Kabupaten Bener Meriah, kembali meraih Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) atas laporan keuangan Pemerintah daerah Tahun 2018 dari BPK (Badan Pemerikasaan Keuangan) Perwakilan Provinsi Aceh, hal tersebut merupakan hasil pemeriksaan pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) Bener Meriah Tahun Anggaran 2018.

WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) yang ke-5 tersebut, langsung diterima Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi yang didampingi Ketua DPRK Bener Meriah Guntarayadi SP, yang diserahkan Plt. BPK (Badan Pemerikasaan Keuangan) Perwakilan Aceh Syafruddin Lubis SR., Ak., CA dalam acara penyerahan LHP (Laporan Hasil Pemeriksaan), atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Tahun 2019 di Gedung Aula BPK (Badan Pemerikasaan Keuangan) Perwakilan Provinsi Aceh, Banda Aceh. Jum’at, 24 Mei 2019.

Dalam pidato sambutanya Plt. Kepala BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) Perwakilan Provinsi Aceh Syafruddin Lubis SR., Ak., CA menyampaikan, bahwa pemeriksaan terhadap laporan keuangan bertujuan untuk memberikan opini kewajaran penyajian laporan keuangan. Opini merupakan pernyataan profesional pemeriksaan mengenai kewajaran informasi yang disajikakan dalam laporan keuangan, “kata Syafruddin.

Lanjutnya, Pemeriksaan keuangan tidak dimaksud mengungkap penyimpangan (Fraund) dalam pengelolaan keuangan. Meskipun demikian, jika pemeriksaan menemukan adanya penyimpangan, kecurangan atau pelanggaran terhadap ketentuan perundang – undangan, khususnya yang berdampak adanya potensi dan indikasi kerugian negara, maka hak itu harus diungkap dalam LHP (Laporan Hasil Pemeriksaan). “Ujaran

Secara khusus untuk Kabupaten Bener Meriah, “tambah Syafruddin Lubis, bahwa berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah Tahun Anggaran 2018, termasuk implementasi atas rencana aksi yang telah dilaksanakan, maka BPK (Badan Pemerikasaan Keuangan) Perwakilan Provinsi Aceh memberikan opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). Hal ini menunjukkan bahwa Kabupaten Bener Meriah telah berhasil mempertahankan opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) selama lima tahun berturut – turut sejak Tahun 2014, “tuturnya.

Dia mengatakan, prestasi ini akan menjadi momentum untuk lebih mendorong terciptanya akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah, sehingga menjadi kebanggaan bersama yang patut dipertahankan.

” Namun demikian, dengan tanpa mengurangi keberhasilan sudah dicapai itu, BPK (Badan Pemerikasaan Keuangan) masih menemukan beberapa permasalahan yang harus menjadi perhatian untuk diperbaiki pada masa mendatang walaupun permasahan yang dimaksudkan itu tidak mempengaruhi kewajaran atas penyajian laporan keuangan, sehingga memperoleh opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian), “terang Syarifuddin.

Dilain sisi, besarnya manfaat yang diperoleh dari pemeriksaan ini, tidaklah hanya terletak pada temuan pemeriksaan yang dilaporkan atau rekomendasi yang dibuat. Tetapi juga terletak pada efektivitas Pimpinan Pemerintah Daerah dalam menindaklanjuti rekomendasi serta menciptakan dan memelihara suatu proses dan sistem informasi, untuk memantau status tindak lanjut atas rekomendasi BPK (Badan Pemerikasaan Keuangan).

Dimana BPK (Badan Pemerikasaan Keuangan) sendiri mempunyai keinginan yang kuat agar Pimpinan Daerah Kabupaten Bener Meriah dapat melaksanakan pengelolaan dan tanggungjawab keuangan daerah secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, ekonomis, efesien, efektif, transparan dan akuntabel. “Tegasnya.

Sementara, dalam kesempatan tersebut Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi mewakili 6 Kepala daerah Kabupaten/Kota menyampaikan, ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada BPK (Badan Pemerikasaan Keuangan) Perwakilan Provinsi Aceh yang telah melaksanakan pemeriksaan dengan profesional dan dedikasi yang tinggi dan telah menghasilkan LHP (Laporan Hasil Pemeriksaan) dengan mendapatkan hasil pemeriksaan yang sama dan memuaskan, yakni opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).

Rasa terima kasih yang disampaikan Bupati Bener Meriah kepada BKP (Badan Pemerikasaan Keuangan) atas WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) yang diterima tersebut, bukan hanya untuk Kabupaten Bener Meriah. Namun juga bagi Kabupaten lain yang juga sama – sama sukses menerima prediksi WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) ke 5 kali, diantaranya Kabupaten Aceh Tenggara, Gayo Lues, Simeulu, Aceh Selatan dan Aceh Barat Daya.

Penerimaan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) tersebut turut dihadiri, Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Bener Meriah Khairun Aksa SE., MM, Asiten Administrasi dan Umum Drs. Suarman, MM., Kepala Dinas Keuangan dan Pendapatan Suhada SE., MM, Sekretaris Keuangan Armansyah SE, Plt. Sekwan Bener Meriah Abdul Rahman, Kabag Humas Sukur S.Pd. (Samsudin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *