Upacara HKP Nyaris Tidak Dihadiri Pejabat Pemkab Bondowoso

Mutiaraindotv.com, BONDOWOSO, JAWA TIMUR-Hari Kesaktian Pancasila (HKP) 1 Oktober 2022 diperingati oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dengan menggelar upacara di Halaman Kantor Pemkab.

Hadir dalam upacara, Kapolres AKBP Wimboko SIK, Dandim 0822 Letkol Arm Suhendra Chipta M Tr Hanla, Kajari (diwakili Firmansyah Siregar-Kasi Datun), Ketua Pengadilan Negeri Dr. Handry Argatama Ellion S.H., S.FIL., M.H, dan Ketua DPRD H Ahmad Dhafir.

Sedangkan Pemkab diwakili Wakil Bupati Bondowoso H. Irwan Bachtiar Rahmat SE MSi. “Saya ingin merajut semua komponen anak-anak bangsa, semua stakeholder tetap guyub dan kompak membangun bangsa,” tegasnya.

Dijelaskan, kalau stakeholder dan masyarakat tercerai berai, maka negara ini mudah di rongrong oleh pihak-pihak yang tidak menginginkan Bondowoso Melesat/maju.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD H. Ahmad Dhafir menegaskan, di hari Kesaktian Pancasila adalah momen untuk edukasi tentang kekejaman PKI dan menjaga NKRI tetap kokoh.

“Seharusnya peringatan ini bukan hanya dilakukan oleh Forkopimda saja, tapi juga seluruh masyarakat Bondowoso. Momen ini perlu dijadikan sarana edukasi pada tunas bangsa,” tegasnya.

Hari Kesaktian Pancasila adalah mengenang kembali tragedi 1 Oktober 1965, yang saat itu NKRI di rongrong oleh PKI. Kita harus berusaha keras agar rongrongan itu tidak terjadi.

Dalam kesempatan memperingati Hari Kesaktian Pancasila, ada kisah menarik dari WaBup Irwan. “Saya mendapat informasi dari Asisten II, Upacara Hari Kesaktian Pancasila diwakilkan pada Asisten,” jelasnya.

Sebab Bupati bersama Sekda sedang ada kegiatan di Jogja. Sedianya WaBup juga ke Jogja. Namun setelah ada agenda dari Ngawi, Wabup putar balik ke Bondowoso.

“Seharusnya saya ke Jogja. Pak Asisten II telpon saya ada tugas Bupati ada tugas ke Jogja bersama Sekda. Lebih baik Wabup agar menghadiri upacara,” kata Wabup menirukan saran Asisten II.

“Atas saran Asisten II saya langsung balik ke Bondowoso,” cerita Wabup Irwan yang mengajak Forkopimda bincang-bincang di Hotel Bharata miliknya selepas upacara. (sam/zen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *