Upacara Pembukaan TMMD Ke-104 Tahun 2019 Kodim 0208/Asahan Di Batubara

MutiaraindoTV, Kabupaten Batubara – Sumatera Utara. Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Tahun 2019 di mulai di Kabupaten Batubara, dalam upacara pembukaan Bupati Batubara Ir. Zahir M.Ap bertindak selaku inspektur upacara di Lapangan Bola Kaki Kecamatan Sei Balai. Selasa, 26 Februari 2019.

Bupati mengatakan, Pelaksanaan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke-104 Tahun 2019 merupakan bantuan TNI kepada Pemerintah Daerah, khususnya Desa Mekar Baru, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batubara. Dimana Desa itu diharapkan, dapat menjadi Desa percontohan pembangunan kesejahteraan sosial.

Oleh karena itu, dalam pelaksanaan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke-104 di Desa Mekar Baru ini ada 3 konsep besar yang dilaksanakan, yaitu:

  1. Secara fisik ada perbaikan infrastruktur jalan dan drainase serta rehabilitasi rumah yang tidak layak huni.
  2. Secara sosial, ada peningkatan sumber daya manusia, peningkatan kesehatan dan peningkatan taraf hidup yaitu melalui penyuluhan sosial, baik kesehatan, pendidikan, keluarga berencana sampai kepada perbaikan ekonomi keluarga melalui pertanian dan UMKM.
  3. Secara lingkungan, ada gerakan kebersihan dan penghijauan dalam mewujudkan lingkungan yang sehat, bersih dan hijau.

Dengan dilaksanakannya TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke-104 di Desa Mekar Baru, kita harus bersyukur dan berterima kasih kepada TNI dan Polri. Kerena telah membantu Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam rangka mewujudkan Desa percontohan baik secara fisik, sosial, ekonomi dan lingkungan, katanya.

Untuk itu, melalui kesempatan ini, Bupati Batubara mengajak seluruh masyarakat Desa Mekar Baru untuk bersama – sama saling membantu bergotong royong bersama TNI dan Polri. Untuk mewujudkan impian bersama menjadikan Desa Mekar Baru, sebagai desa percontohan pembangunan kesejahteraan sosial.

Melalui TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) dapat membangun sinergisitas antara TNI, Polri dan Pemerintah dalam membangun desa. Keberadaan ini yang akan kita tunjukkan ke masyarakat bahwa Pemerintah. TNI dan Polri hadir (ada) ditengah – tengah masyarakat, Desa ini perlu kita jadikan contoh. Memang dari segi pembangunan disini agak kurang, makanya pembangunan disini perlu tindakan cepat, “ujarnya.

Dandim 0208/Asahan Letnan Kolonel Inf Sri Marantika Beruh dalam laporan kesiapan pelaksanaan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke-104 Tahun 2019 di Desa Mekar Baru, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batubara menuturkan, TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) dilaksanakan mulai tanggal 26 Februari hingga tanggal 27 Maret 2019.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan, diantaranya :

  • Peningkatan jalan dengan cor beton (Eabat Beton) sepanjang 551 M.
  • Pembuatan irigasi/drainase sepanjang 500 M.
  • Sosialisasi mitigasi bencana kepada masyarakat.
  • Penyuluhan pelayanan publik dan kependudukan kepada masyarakat.
  • Penyuluhan bahaya teroris dan faham radikalisme kepada masyarakat.
  • Penyuluhan bela negara kepada masyarakat.

(Anoi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *