Upacara Peringatan Hari Ibu ke-94, Bupati Situbondo Sampaikan Amanat Menteri PPPA

Mutiaraindotv.com, SITUBONDO, JAWA TIMUR – Pemkab Situbondo gelar Upacara Peringatan Hari Ibu Ke 94 bertempat di Alun – alun Kabupaten Situbondo, Kamis (22/12/2022).

Upacara Hari Ibu Ke- 94 tersebut mengusung tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju” selain Bupati Situbondo diikuti juga oleh Ketua TP PKK, Forkopimda, Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Situbondo dan Camat se- Kabupaten Situbondo.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi, menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Ibu ke-94 di Alun-alun Situbondo, Kamis (22/12/2022). Upacara tersebut mengusung tema ‘Perempuan Berdaya, Indonesia Maju’.

Selain Bupati, acara itu dihadiri oleh Ketua TP-PKK Juma’ati Karna Suswandi; Jajaran Forkopimda; Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Situbondo dan Camat se-Situbondo

Pada kesempatan itu, Bupati menjadi Inspektur Upacara dan menyampaikan pesan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Bung Karna menyampaikan, peringatan hari ibu ini merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi pejuang perempuan Indonesia dari masa ke masa. Sebab, kongres perempuan pertama di tahun 1928 yang menjadi tonggak perjuangan perempuan Indonesia dari perspektif kesetaraan gender, perbedaan peran perempuan dan laki-laki di Indonesia secara umum terlihat tidak terlalu tampak perbedaannya.

“Meskipun masih ditemui isu gender di berbagai pembangunan, saat pandemi Covid-19 memperlihatkan bahwa peran perempuan mendapat beban lebih berat,” ucap Bupati membacakan amanat Menteri PPPA Republik Indonesia.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh salah satu lembaga survei bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Indosat, bahwa pandemi Covid-19 telah memperparah kerentanan ekonomi perempuan dan ketidaktaan gender. Sehingga dapat mengancam upaya pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs.

“Namun, kaum perempuan mampu mengambil peran pertama bergerak menghadapi pandemi Covid-19 ini sebagai penggerak sosial dengan membuat gerakan gotong royong. Perempuan bergerak mengatasi kondisi ekonomi. Diantaranya dengan memproduksi kebutuhan yang meningkat pada saat pandemi, seperti masker dan alat pelindung yang melibatkan banyak orang,” tambah Bupati Karna

Bahkan, lanjut Bung Karna, perempuan juga mengambil peran penting dalam memerangi pandemi Covid-19. Salah satunya dengan menjadi tenaga kesehatan untuk mencegah penyebaran virus mematikan tersebut. Sehingga melalui peringatan hari ibu ke-94 tahun 2022 ini, Menteri yang dikenal sebagai Bintang Puspayoga tersebut berharap bahwa perempuan-perempuan Indonesia di generasi masa kini dalam segala aktivitasnya tidak melupakan makna dari perjuangan perempuan Indonesia.

“Di masa yang lalu, khususnya perempuan generasi milenial. Ayo, masa ini adalah milik kalian, mari warnai peringatan hari ibu ini dengan peran dan karya nyata bagi Indonesia tercinta,” tutup Bupati membaca amanat Menteri PPPA Republik Indonesia. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *