Berita TerbaruNusantara

UPTD-PP Wilayah 1 DLH Kabupaten Bekasi Berkolaborasi Dengan Pemerintah Kelurahan Setia Asih Dalam Pengangkatan Sampa

×

UPTD-PP Wilayah 1 DLH Kabupaten Bekasi Berkolaborasi Dengan Pemerintah Kelurahan Setia Asih Dalam Pengangkatan Sampa

Sebarkan artikel ini

MutiaraindoTV, Kabupaten Bekasi – Jawa Barat. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengolahan Persampahan (UPTD-PP) wilayah I membersihkan tumpukan sampah yang menutupi aliran Kali Tanah Tinggi, tepatnya di Kampung Tanah Tinggi, Kelurahan Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya. Sabtu, 02 Desember 2023.

Sebanyak lima belas personil dikerahkan untuk membersihkan Kali Tanah Tinggi di wilayah Kelurahan Setia Asih, kendati secara rutin dilakukan. Namun tidak bisa di pungkiri masih saja ada warga yang membuang sampah seenaknya di aliran Kali Tanah Tinggi di hulunya, dan imbasnya yang ada dihilir, “ujar Mansyur selaku pengawas dilapangan.

Mansyur juga menambahkan, kita rutin membersihkan sampah – sampah tersebut, kendati kesadaran warga yang membuang sampah di kali Tanah Tinggi masih kurang, penumpukan sampah tersebut dari hulu ke hilir masih saja terjadi karena kali tersebut berbatasan langsung dengan Kota Bekasi, masih kerap terjadi setiap turun hujan penumpukan sampah yang terbawa arus air.

“Saya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang dampak ke kali, karena dampaknya akan bisa menimbulkan penyakit, dan kalau musim hujan bisa mengakibatkan banjir, karena tersumbatnya aliran air kali dengan menumpuknya sampah. “Tandasnya.

Sementara itu, Lurah Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya H. Dede Firmansyah tampak memantau pengangkutan sampah yang ada dikali Tanah Tinggi, yang dilakukan pihak UPTD PP Wilayah I DLH Kabupaten Bekasi.

Bahkan dilokasi Lurah Setia Asih H. Dede Firmansyah terlihat turut mendorong sampah yang menumpuk di Kali Tanah Tinggi, dan mengangkat sampah ke armada truk pengangkut sampah bersama petugas Pesapon.

H. Dede Firmansyah mengaku sangat mengapresiasi pihak UPTD PP Wilayah I yang selalu sigap dan selalu siap membersihkan sampah – sampah terutama di Kelurahan Setia Asih.

“Barusan saya monitor dan kami menginginkan Kali Tanah Tinggi bersih dari tumpukan sampah dengan adanya Kampung Bersih Makin Berani ini, semua di lingkungan wilayah di Kelurahan Setia Asih ini semakin bersih. “Imbuhnya.

“Yang dilakukan antara pihak Kelurahan Setia Asih berkolaborasi dengan UPTD PP Wilayah I DLH Kabupaten Bekasi ini sangat positif dengan pengangkutan sampah di Kali Irigasi  Kampung Tanah Tinggi, Kelurahan Setia Asih. “Ucap H. Dede.

Menurut Lurah Setia Asih, pihaknya telah mengangkat sampah di Kali tersebut dengan menggunakan alat berat excavator dan lima armada Damtruk, sampah tersebut di bawa ke pembuangan akhir TPA Burangkeng Kecamatan Setu.

“Kita memakai excavator untuk mengangkat dan mengangkut sampah di kali tersebut, kalau tidak pakai excavator akan memakan waktu yang cukup lama, “ujarnya.

“Alhamdulillah, sekarang kalinya bersih tentunya bermanfaat buat warga sekitar dan tidak ada penyakit. Kalau kali kita bersih, insya Allah tidak ada penyakit dan semua sehat. “Pungkasnya. (Ali M)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *