Walikota Lubuklinggau Menghadiri Rakernas APEKSI XIV Kota Semarang

Mutiaraindotv, Kota Semarang – Propinsi Jawa Tengah, Walikota Lubuklinggau H.SN.Prana Putra Sohe, menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIV, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), tahun 2019 di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Walikota Lubuklinggau yang didampingi OPD terkait, mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang digelar dari tanggal 02 Juli hingga 06 Juli 2019. Sebelum Acara APEKSI XIV ini, diawali dengan kegiatan Welcome Dinner di The Renaissance Ballroom Kota Semarang Propinsi Jawa Tengah.

Di APEKSI ke XIV tahun 2019, Walikota Lubuklinggau H.SN.Prana Putra Sohe didampingi langsung Sekda Lubuklinggau H.A.Rahman Sani, Asisten I Heri Suryanto, Asisten II Rusli, serta sejumlah Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Lubuklinggau.

APEKSI ke XIV tahun Ini dibuka secara Resmi oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, dengan ditandai Pemukulan Gong. Terkait Peserta khusus Rakernas tahun 2019, diikuti sebanyak 92 Walikota se- Indonesia. Yang mana seluruh rangkaian kegiatan Rakernas Ini dipusatkan di Hotel PO Semarang, Jawa Tengah. Rabu, 03 Juli 2019.

Selain Kegiatan Rakernas, digelar juga acara Indonesia City Expo (ICE) yang dipusatkan di Lapangan Simpang Lima Semarang. Diikuti dengan Stand dari seluruh Anggota APEKSI se- Indonesia. ICE (Indonesia City Expo) Ini juga menawarkan sejumlah Produk Olahan dan Inovasi dari seluruh Kota. Yang mana telah dijadwalkan mulai dari tangggal 03 Juli Hingga 06 Juli 2019.Dalam acara Rakernas, Kegiatan APEKSI dilanjutkan dengan Pembukaan ICE, yang dipusatkan di Lapangan Simpang Lima dan di Malam Hari Semarang Night Festival di depan Balai Kota Semarang. Yang dihadiri langsung, Menteri PAN RB Syafruddin, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Gubernur Jawa Tengah H.Ganjar Pranowo, serta unsur Muspida Provinsi Jawa Tengah dan Kota Semarang.

Dalam sambutannya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) harus mampu menjadi Contoh Tata Kelola Pemerintahan bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Khususnya dalam Pendekatan Pelayanan Publik secara Digital, tentunya Pelayanan cepat yang akan mendukung Peningkatan In Investasi di wilayah Perkotaan.Ke depan, Pemerintah Kota pasti akan terus dihadapkan dengan Tantangan yang lebih besar, diantaranya Tingkat Urbanisasi yang tetap tinggi hingga Persoalan Transportasi, ungkapnya.

 ” Untuk itu, APEKSI ini diharapkan dapat terus membangun Kerja sama yang baik antara Pemerintah Kota dan Pemerintah Kabupaten,  ujarnya Menteri Dalam Negeri.

Selain itu, ia juga menekankan otonomi yang dijalankan di seluruh Daerah membutuhkan Kreativitas dan Inovasi yang berbasis Kearifan Lokal. Dengan begitu, Pelayanan dan Inovasi dari Pemerintah Kota tidak akan mengubah Identitas Daerah,  justru menjadi ciri Khas.

” Semoga kegiatan Rakernas ini akan menghadirkan Gagasan, Ide, dan Terobosan dengan berbagai Keputusan untuk membangun Solidaritas. Sehingga mampu Berkontribusi bagi Bangsa dan Negara yang Berdaulat di masa akan datang “, katanya.Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Hj.Airin Rachmi Diany menyampaikan, APEKSI telah sepakat untuk saling Berkolaborasi antar Kota. Tujuannya agar tidak ada lagi Kota tertinggal dan Kota yang hanya maju sendiri. ” Seperti arahan Presiden, APEKSI sepakat untuk maju bersama – sama. Kota yang memiliki Potensi lebih, dapat mendorong Kota lain untuk Maju bersama Demi Kemajuan Indonesia “, ucapnya. ( Barmawi/Humas).

editor ” Awi “

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *