Warga Desa Curahtatal Keluhkan Pamsimas yang Diduga Tidak Bermanfaat Untuk Masyarakat

Mutiaraindotv.com, SITUBONDO JAWA TIMUR – Keberadaan bangunan PAMSIMAS di Desa Curahtatal Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo sedianya untuk mengatasi kebutuhan air bersih masyarakat, Selasa (24/10/23).

Hal ini bisa dilaksanakan jika management PAMSIMAS yakni harus mengelola secara profesional. Maksudnya keberadaan bangunan dan warga pengguna air berpartisipasi aktif agar air dari PAMSIMAS dapat mengalir ke rumah warga.

Ketika partisipasi warga tidak aktif maka keberadaannya juga tidak dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Kondisi ini terjadi pada PAMSIMAS di Desa Curahtatal yang tidak sama sekali di menikmati air dari Pamsimas tersebut.

“Air tidak ngalir karena tidak di salurkan kepada masyarakat, sedangkan pamsimas tersebut untuk membantu warga setempat yang sangat membutuhkan air bersih tersebut, namum pamsimas tersebut malah di pakek pribadi oleh mantan kepala desa, “terangnya warga yang enggan di sebut namanya.

Dan warga setempat menjelaskan, kalau kami tidak di bantu saluran air dari Desa Kladi Kecamatan Cermee yang pastinya kekurangan mas, iya nasib baik Pak Didik Yulianto memberi kebijakan untuk menyalurkan air tersebut, “pungkasnya

Sementara itu kami temui Suswanto Kepala Desa Curahtatal di ruangannya mengatakan, saya tidak tau Pamsimas tersebut karena pamsimas itu sebelum saya menjabat kades, dan baru sekarang yang saya tau dari sampean mas. Tapi akan saya pertanyakan dulu karena ini juga menyangkut tanggung jawab saya selaku kepala desa, ini pun juga sudah keluhan warga yang melalui sampean dari media, “ucap Sus.

“Lanjut Kades menyampaikan, kami pemerintah desa siap untuk menganggarkan paralon mas asalkan mantan kades mengijinkan, karena ini semua demi kesejahteraan masyarakat dan masyarakat pun punya terkait Pamsimas tersebut dan bantuan berupa apapun bentuknya dari pemerintah untuk masyarakat itu semua hak masyarakat kami pemerintah desa harus siap untuk kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat kami, “tuturnya.

Suswanto Kades Curah Tatal juga mengatakan, memang betul kalau tidak dibantu dari Desa Kladi warga kami kekurangan air, kami sangat berterimakasih kepada kepala desa kladi yang sudah membantu warga kami, “imbuhnya

Ditempat yang sama Supandi Sekretaris Desa (Sekdes) saat kami konfirmasi menjelaskan bahwa itu memang bener pamsimas mas, dan pamsimas itupun cuma bangunan dan mesin saja memang tidak ada paralon mas. Dan untuk yang lain lain saya kurang paham mas, “terangnya supandi.

“Saat kami temui Titin Mantan Kades di Kediamannya menerangkan, kalau bangunan air ini bukan Pamsimas mas, cuma saya di waktu menjabat mengajukan proposal ke provinsi tiga tahun berturut turut baru mendapatkan bantuan tersebut, dan saat kami pertanyakan apakah sudah ada penyerahan aset tersebut ke desa tapi mantan kades tidak menjawab.

Lanjut mantan kades, mengatakan kalau masyarakat sini tidak ada yang kekurangan air mas,”terangnya. (MF/SC)

Check Also

Masa Akhir Jabatan Bupati Situbondo Torehkan Tinta Emas Dengan Membangun GOR Bung Karna

Mutiaraindotv.com, SITUBONDO, JAWA TIMUR – Bupati Situbondo, Karna Suswandi torehkan tinta emas dengan dibuktikan saat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *