4 TKW Dan 2 Warga dilakukan Swab PCR, 5 hari setelah lakukan Karantina di GOR Situbondo

Mutiaraindotv.com SITUBONDO – TKW bahkan Warga Situbondo yang baru datang dari luar Kota Harus menjalani Karantina terlebih dahulu selama 5 hari di GOR Situbondo, sebelum dilakukan Swab PCR.

Kewajiban tersebut dibenarkan oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Dwi Herman, bahwa bagi warga asli Situbondo yang datang dari luar kota maupun luar negeri harus menjalani karantina selama 5 hari di Hotel Baluran atau GOR Situbondo karena menjadi tempat Pusat Penanggulangan warga terpapar Covid19 Kabupaten Situbondo. Sebelum dilakukan Swab PCR menentukan Positif atau Negatif Covid19.

” Iya betul mas, siapapun yang datang dari luar kota maupun luar negeri harus menjalani karantina 5 hari terlebih dahulu sebelum dilakukan Swab PCR,” Kata Dwi Herman saat dikonfirmasi via WhatsApp.

Tim mutiaraindotv.com langsung meninjau ke lapangan, hal hasil ada 4 TKW yang baru datang dari Kota Jiran Malaysia. Yakni HY, MN, HM, YN 3 orang dari wilayah timur Situbondo yakni Desa Lamongan Kecamatan Arjasa, Mojosari kecamatan Asembagus dan Kumbang Sari Kecamatan Jangkar. Sedangkan HN berasal dari Wilayah barat Kabupaten Situbondo Desa Buduan Kecamatan Suboh. Ditambah ada 2 orang lagi yang baru masuk dikarantina yang belum sempat dikonfirmasi.

Menurut ke empat TKW yang dikarantina, menanyakan ?.

“mengapa harus menunggu 5 hari baru dilakukan Swab PCR, harusnya baru datang langsung di swab PCR apalagi waktu disurabaya kami sudah dikarantina selama 5 hari dan dilakukan Swab PCR dan hasilnya negatif di Kabupaten Situbondo dilakukan lagi, jika itu prosedur kami turuti namun kami punya keluarga yang kami sangat rindukan karena 4/5 tahun kami tak saling tatap,” keluh mereka.

hari ini sudah memasuki 5 hari 4 TKW tersebut menjalani karantina, pukul 15:00 Wib dilakukan Swab PCR oleh petugas medis dari Kabupaten, saat dikonfirmasi Petugas saling tuding untuk dikonfirmasi akhirnya ketiga petugas menjawab pertanyaan wartawan mutiaraindotv.com secara bersamaan.

Anehnya setelah dilakukan Swab PCR, petugas mengatakan menunggu hasil swab dari lab karena akan dikirim ke Surabaya, jadi hasilnya kalau tidak hari Senin iya hari Selasa belum tentu juga, jelas hal tersebut membuat jenuh 4 TKW yang menjalani karantina.

” Iya benar, hasilnya hari Senin kalau tidak Selasa, Sabtu Minggu kan libur mas labnya,” serentak Petugas medis menjelaskan.

Saat ditanya jika ada yang positif nantinya dari 4 orang TKW tersebut maka akan dikarantina dimana. Petugas menerangkan.

” Jika hasilnya positif, mereka boleh memilih tempat yang dekat dengan rumah mereka jika rumahnya di Banyuputih, Asembagus atau jangkar iya dipuskesmas Arjasa, kalau diwilayah barat Situbondo misal Besuki, kecamatan Suboh pasir putih bisa di puskesmas Besuki, kalau di tengah kota bisa dipuskesmas kendit, iya pusatnya disini sudah disediakan di GOR Situbondo, pusat tempat karantina pasien positif Covid19, jadi pasien bisa memilih tetap disini atau puskesmas yang terdekat rumahnya,” Terangnya secara serentak.

(Frengky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *