Warga Mempertanyakan Proyek Pembangunan Plengsengan Saluran Irigasi Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih

MutiaraindoTV, Kabupaten Situbondo – Jawa Timur. Warga mempertanyakan keberadaan proyek pembangunan Plensengan Saluran Irigasi di Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo. Kamis, 28 November 2019.

Pengerjaan proyek pembangunan Plengsengan Saluran Irigasi di Desa Sumberwaru tersebut membuat warga sekitar kebingungan, pasalnya tanpa papan nama dan tidak ada pemberitahuan pada Pemdes (Pemerintah Desa) setempat. Sehingga warga menyebut proyek Plengsengan Saluran Irigasi ini, adalah proyek siluman.

Kades (Kepala Desa) Sumberwaru Adi Rukmono mengatakan, bahwa dirinya tidak pernah dihubungi atau menerima pemberitahuan berupa apapun dari pelaksanaan proyek Plengsengan Saluran Irigasi tersebut.

Bahkan menurut Kepala Desa Sumberwaru tidak tau tentang proyek Plengsengan Saluran Irigasi tersebut, karena tidak pernah ada pemberitahuan apapun. Bahkan Kepala Desa Sumberwaru baru tau, jika di Desanya ada proyek Plengsengan Saluran Irigasi dari laporan warga.

Dari data yang berhasil dihimpun sejak hari Rabu 27 November hingga hari Kamis 28 November 2019, keberadaan papan nama proyek Plengsengan Saluran Irigasi tersebut belum juga terpasang.

Dilokasi proyek Plengsengan Saluran Irigasi ini juga ditemukan besi – besi Betoneser sebagai penguat dinding cor samping kiri dan kanan Saluran Irigasi ini, sedang seharusnya cara pemasanganya terputus – putus tidak dikaitkan antara besi yang satu dengan besi yang lainnya.

Kepala Dusun Sidomulyo Junaidi menanggapi dan sangat menyayangkan, serta juga baru mengetahui didaerahnya telah dibangun Plengsengan Saluran Irigasi untuk pengairan dan mengairi sawah dan pertanian. “Kata Junaidi.

Seharusnya proyek Plengsengan Saluran Irigasi ini sebelum dikerjakan dipasang papan nama terlebih dahulu, kemudian harapan saya agar proyek Plengsengan Saluran Irigasi ini dikerjakan dengan baik, agar awet dan tidak mudah rusak. “Ungkap Junaidi.

Ketika dilokasi proyek Plengsengan Saluran Irigasi ini juga hadir Ketua HIPPA (Himpunan Petani Pemakai Air) Desa Sumberwaru H. Purwadji juga mengungkapkan dan mengatakan, serta sebelumnya menyampaikan pada pihak Kontraktor. Agar segera dipasang papan nama proyek, tapi hingga saat ini belum juga dipasang. “Pungkas H. Purwadji. (Irwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *