Berita Terbaru

Waspada…! Aksi Penipuan Via WA Mengatasnamakan Kepala Dinas Kominfo

×

Waspada…! Aksi Penipuan Via WA Mengatasnamakan Kepala Dinas Kominfo

Sebarkan artikel ini

Mutiaraindotv.com, SITUBONDO JAWA TIMUR – Waspada aksi penipuan belakangan makin merajalela. Tidak main-main, kali ini pelaku penipuan nekat mencatut nama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Situbondo, Dadang Aries Bintoro. Profil pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo itu, dimanfaatkan para pelaku untuk mengelabuhi para calon korbannya melalui pesan WhatsApp (WA).

Sosok Dadang Aries Bintoro ini, memang sudah familiar dan dikenal banyak orang dari kalangan masyarakat. Hal ini ditengarai menjadi peluang yang dimanfaatkan pelaku penipuan untuk bertindak kejahatan.

Modus penipuan yang dilakukan oleh pelaku yang memanfaatkan profil Kadis Kominfo, ini mulai dari modus meminjam uang hingga menawarkan produk tertentu. Padahal transaksi ini berujung scam atau bodong.

Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Situbondo, Dadang Aries Bintoro dikonfirmasi menjelaskan, bahwa nomor +62 858-8392-73063 bukan miliknya. Nomor tersebut mengaku sebagai nomor baru kami (Dadang Aries Bintoro, red) dan melakukan upaya-upaya penipuan.

“ Ini adalah nomor pelaku penipuan. Apabila dihubungi oleh nomor tersebut agar diabaikan saja dan jangan langsung diblok. Karena takut di retas data pribadinya, serta kami tegaskan itu bukan nomor kami, ”jelasnya.

Ia menyebutkan, apabila ada masyarakat yang menjadi korban penipuan dari nomor tersebut, bisa langsung melaporkan ke aparat kepolisian Situbondo. Agar segala bentuk pencatutan untuk tindak pidana penipuan, segera ditindak tegas oleh pihak Satreskrim Polres Situbondo.

“ Silahkan konfirmasi langsung atau melaporkan ke kami, apabila memang menjadi korban tindak penipuan. Karena kami tegaskan sekali lagi nomor +62 858-8392-73063 itu, bukan nomor kami (Kadis Kominfo Kabupaten Situbondo, Dadang Aries Bintoro, red), ”tegasnya.

Apabila di kemudian hari, nomor ini berubah profil mengatakan orang lain yang dikenal. Bisa dipastikan juga bahwa itu adalah strategi atau siasat oknum para sindikat pelaku penipuan.

Apalagi bila beralasan meminta, meminjam uang, maupun berjualan barang tertentu seperti unit mobil dan lainnya.

“ Bisa diwaspadai bersama. Apabila memang meragukan, apakah penipu atau bukan. Bisa konfirmasi ke kontak asli atau yang diketahui sebelumnya. Apabila itu mengatasnamakan Kadis Kominfo Kabupaten Situbondo, bisa langsung menghubungi official medsos kami di instagram @kominfositubondo, ”pungkasnya. (Sony)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *