Wujudkan Taman Baca Di Pelosok, Komunitas Buku Bagi NTT Gelar Cathering Nasional

Mutiara IndoTV, Kupang – NTT. Wujudkan taman baca di daerah pelosok Nusa Tenggara Timur, komunitas Buku Bagi NTT gelar Cathering Nasional bertajuk Gerakan Literasi untuk perubahan.

Komunitas bagi buku NTT menggelar diskusi bertajuk gerakan literasi bangun kesadaran, yang melibatkan pegiat – pegiat cinta baca dari seluruh taman baca yang tersebar di wilayah NTT.

Koordinator Komunitas Buku Bagi NTT Wilbrodus Bata mengatakan dengan keterbatasan dalam membangun minat baca masyarakat, kurang lebih 100 ribu buku telah disalurkan bagi pegiat di 200 taman baca yang tersebar di pelosok NTT.

“Berbagai proggram maupun kegiatan, pegiat cinta buku untuk membangun kesadaran masyarakat agar akan pentingnya membaca” jelas Wilbrodus Bata, Minggu ( 15/4/2018)

Kegiatan yang melibatkan tokoh – tokoh muda baik dari kalangan jurnalis , aktivis , penggagas, komunitas taman baca serta penerbit buku, yang berbaur bersama dalam diskusi yang detail membahas tantangan terbesar dalam mengubah cara berpikir masyarakat untuk kembali membaca.

“Suka duka pun terus menjadi bumbu pahit bagi penggiat komunitas dalam membuka taman baca di daerah pelosok NTT, khususnya daerah yang masih terisolir karena terbatasnya akses jalan” pungkas Wilbrodus Bata.

Sementara itu Vanny Kadywanu salah seorang pegiat taman buku wilayah sumba menuturkan, diakui salah satu tantangan terberat masyarakat saat ini yakni perkembangan Gedjet dan jaringan Online menurunkan angka pembaca buku.

“Dengan dukungan Pemerintahan Jokowi serta pihak pemerhati, penyaluran buku yang ditujukan ke taman baca di pelosok NTT terus berdatangan” ungkap Vanny Kadywanu.

Dengan semangat kebersamaan serta memajukan anak – anak NTT melalui dunia pendidikan, komunitas ini terus menggalang anggota di berbagai daerah dengan mendirikan rumah taman bacaan gratis. (Alden)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *