Kadispora Optimis 2021, Mura Menjadi Nomor 3 Kabupaten Layak Pemuda Se Sumsel

oleh -142 views

Mutiaraindotv, Muara Beliti – Musi Rawas, Keserius majukan iklim kepemudaan, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Musi Rawas, yakin Kabupaten Layak Pemuda ditahun 2021 terbentuk. Yang mana saat ini di Provinsi Sumatera Selatan baru ada 2 Kab/Kota Layak Pemuda, yaitu Kabupaten Musi Banyuasin dan Kota Palembang yang ketiganya Kabupaten Musi Rawas.

Kadis Pemuda dan Olahraga Kabupaten Musi Rawas Dien Candra, SH, MH, saat berbincang dengan Tim Mutiaraindotv pada hari Kamis, 25 Maret 2021 menjelaskan, bahwa terkait “‘ Kabupaten Layak Pemuda “‘, Kabupaten Musi Rawas, sudah mempersiapkan mulai dari Naskah Akademis yang sudah berjalan dari Masing-masing Akademis diantaranya KNPI melalui Yudi, Bidang Keolahragaan, Kewirausahaan, Keterampilan dengan para Pemuda. Mungkin awal bulan April ini Naskah Akademis selesai, kami akan segera membahasnya ke DPRD Mura melalui Komisi I untuk segera mengesahkan Raperda KLP.

” Dan alhmdulillah kami terus melanjutkan koordinasi dengan Ketua Komisi I Ibu Rosa, membahas tindaklanjut dari Kabupaten Layak Pemuda. Dan kami juga menjelaskan ke Komisi I, bahwa untuk menjadi Kabupaten Layak Pemuda yang sangat dibutuhkan, sebagai wadah dari para OKP yang berada diwilayah Kabupaten Musi Rawas. Dan para Pemuda Pencinta Olahraga yang bisa diakomodir, ucap Dien.

Jadi inti dari Kabupaten Layak Pemuda yaitu Kabupaten yang memiliki pelayanan kepemudaan, yang bertujuan untuk para pemuda yang berbasis penyadaran dan pengalian potensi. Dan juga pemberdayaan melalui integrasi, komitmen, sumber daya Pemerintah dan Masyarakat serta Wirausaha. Dan pada akhirnya menjadikan para Pemuda dan Pemudi yang Mandiri, Kreatif, dan Inovatif. Untuk siap bersaing, karena sudah ditempa menjadi tenaga ahli yang profesional.

Jika Perda nanti telah selesai disahkan, maka para Pemuda ini akan dilatih dibidang kewirausahaan dan bidang olahraga berprestasi. Agar lebih mudah untuk mengkoordinir bantuan dari Pemerintah lebih cepat dan tepat sasaran, sesuai dengan Mantab (Mandiri, Maju dan Bermartabat), ucapnya.

Setelah semuanya terbentuk, nanti akan dibentuk Bengkel Pemuda yaitu Beda Mura. Dan nantinya akan dibagi menjadi 4 spesifikasi layanan diantaranya :

  1. Bidang Wirausaha,
  2. Bidang Kreatifitas,
  3. Bidang Olahraga, dan
  4. Bidang Agama.

” Tujuan dari Beda Mura ini, untuk mengali potensi dari berbagai Pemuda, sesuai dengan bakat yang dimiliki akan dibawa binaan Dispora. Sehingga dapat mencetak Pemuda yang mandiri, beriman dan siap berdaya saing “.

Sebelum terbentuknya Kabupaten Layak Pemuda ini, Dispora sudah mengeluarkan Sertifikat dari Bupati untuk Pemuda yang telah berhasil dalam Pembekelan dibawa binaan Dinas Pemuda Olahraga. Inilah salah satu dasar dari realisasi Kabupaten Layak Pemuda ini, yang dikatakan mandiri.

” Target kita ditahun 2021 ini, adalah KLP resmi disahkan Perdanya dan ditahun 2022 kami akan mengajukan Raperda Keolahragaan dikarenakan selama ini keolahragaan belum ada atelit yang berprestasi dijamin pendidikannya. Jadi dengan adanya Perda Keolahragaan ini akan memberikan motivasi dan semangat bagi atelit yang tak mampu untuk melanjutkan Pendidikan, Jaminan Kesehatan dan Kecelakaan, karena segala sesuatunya akan ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten/Kota.

Intinya ditahun 2021 ini kita akan lebih fokus ke Kabupaten Layak Pemuda terlebih dahulu, dikarenakan Dispora adalah identik dengan Dinas Pemuda dan Olahraga. Dan saya yakin Kabupaten Layak Pemuda akan berjalan sukses di Kabupaten Musi Rawas, ungkapnya.

Keyakinan kami dikarenakan Naskah Akademis sudah dibentuk tinggal pembahasan lagi di DPRD melalui Komisi J, dan berharap DPRD Mura untuk mengesahkan. Setelah komisi I melakukan pemanggilan untuk di bahas, maka Perda ini akan terbentuk dan disahkan dik Perbub sudah lama dibuat terkendala pada saat Wabah Covid-19, jadi tertunda, ujarnya. (022).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.