Dana DAK Belum Turun Dari Pusat Kadis PUPR Nisut Tuding PPKAD lambat Administrasi

MutiaraindoTV, Kabupaten Nias Utara – Sumatara Utara. Dari Pantaun awak media online MutiaraindoTV dilapangan selama ini, bahwa Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2018 di Kabupaten Nias Utara, Propinsi Sumatera Utara. Yang dibidangin oleh Dinas PUPR dimana anggarannya belum turun dari pusat, pemenang tender di berbagai paket proyek sudah ditetapkan oleh Dinas PUPR Nias Utara. Sabtu, 28 Juli 2018.

“Misalnya pembangunan Hotmix dari Desa Hilidundra menuju Desa Baho, Kabupaten Nias Utara. Hampir 1 bulan lebih sudah ditender,cnamun sampai saat ini belum dilaksanakan.

” Dana DAK dari pusat belum turun sama sekali sampai saat ini, kenapa kita tender beberapa proyek yang bersumber dari dana DAK karena sudah ada di DPA PUPR walau pun dananya belum turun. ” Dan kemungkinan dana belum masuk ke Kas Daerah, disebabkan persoalan administrasi dari PPKAD Kabupaten Nias Utara. “Tutur Yulius Zai saat di konfirmasi pada tanggal 27 Juli 2018.”

Augusman Hulu angkat bicara  dimanakah letak persoalanya!!?, apakah administrasi SPJ dana DAK Tahun 2017 bermasalah. Hingga tidak di luncurkan ke kas Daerah Kabupaten Nias Utara, atau bisa saja terjadi hal demikian.

Akibat Persoalan penyerapan anggaran dan persoalan Administrasi lainnya, dana DAK sensitif. Kalau tak bisa di serap pada tahun berkenan, maka kosekwensinya. Adalah pemotongan anggarannya tahun kedepan 25%, dan itulah kerugian Kabupaten Nias utara.” Tutur Agus Hulu.

Misalnya Tahun 2018 ini ada dana DAK 22 Miliar di kelola oleh Dinas PUPR, apabila tidak bisa diserap tahun ini. Maka Tahun Depan akan finalti dengan potongan 25%, dari pagu Anggaranya sebelumnya, “ungkap Agus Hulu.

“Lanjutnya, hal ini sudah merugikan masyarakat Kabupaten Nias Utara untuk mengejar suatu pembangunan kalau di perhitungkan, ini sudah akhir bulan Juli 2018. Berapa bulan menjelang akhir tahun, kita bisa nilai dari sisi akuntabilitas kinerja PUPR Kabupaten Nias Utara. Tidak mampu menerjemahkan visi dan misi Bupati, dan Wakil Bupati Nias Utara dalam kecepatan pembangunan.

Untuk itu kita minta kepada pimpinan Pemkab Kabupaten Nias Utara, dalam hal ini Bupati Nias Utara segera copot Yulius Zai sebagai Kadis PUPR. Agar pembangunan infranstruktur di Kabupaten Nias Utara berjalan sebagai mana semestinya, “tegasnya. (N. Zega)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *